Home Tabalong Hari Ini Kwarcab Tabalong Gelar Upacara HUT Pramuka ke-62

Kwarcab Tabalong Gelar Upacara HUT Pramuka ke-62

by Muhammad Rais
0 comment

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tabalong menggelar upacara Hari Ulang Tahun Pramuka ke-62 pada Kamis, 14 September 2023, di Pendopo Bersinar Pembataan. Melalui peringatan ini, Pramuka Kwarcab Tabalong berupaya mewujudkan sumber daya manusia yang profesional dan berwawasan kebangsaan.

Upacara Hari Ulang Tahun Pramuka ke-62 yang digelar oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Tabalong diikuti seluruh pengurus dan anggota Pramuka se-Tabalong.

Bertindak sebagai pembina upacara, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong, Anang Syakhfiani.

Dalam sambutannya, Anang mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang hadir. Pasalnya, Gerakan Pramuka dapat terus maju, berkembang, serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program-program pemerintah, serta menangani pendidikan non-formal dalam pembentukan karakter.

Hal tersebut, menurutnya, kembali dipertegas dalam tema utama peringatan HUT ke-62 Pramuka, yaitu, “Dengan Peringatan Hari Pramuka ke-62, Mari Kita Wujudkan Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan.”

“Tema ini menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya kita yang ada sekarang ini masih jauh dari harapan kita. Disamping itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan itu tidak runtuh, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air, dan semangat bela negara, terlebih sekarang akan menghadapi tahun politik. Kiranya persatuan dan kesatuan Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Baca Juga  80% Desa Salurkan BLT DD Jelang Idul Fitri 1444 H

Anang Syakhfiani menambahkan bahwa jumlah sumber daya manusia yang ada di Gerakan Pramuka, khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka, masih sangat terbatas. Karenanya, peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus terus ditingkatkan, sehingga akan turut berimbas pada peningkatan kualitas kwartir semua tingkatan.

Dalam rangkaian HUT Pramuka ke-62 ini juga dimeriahkan dengan berbagai macam penampilan tarian daerah serta penampilan drum band.

Kegiatan ditutup dengan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Tanjung Kencana.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment