Home Tabalong Hari Ini ICHI Regional Kalsel Berikan Layanan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Balangan

ICHI Regional Kalsel Berikan Layanan Kesehatan Gratis bagi Masyarakat Balangan

by Muhammad Rais
0 comment

Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) Regional Kalimantan Selatan menggelar bakti sosial pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Balangan. Pelayanan yang diberikan mulai dari pemeriksaan kesehatan umum hingga pembagian obat gratis.

Bakti sosial pelayanan kesehatan gratis digelar Ikatan Cendekiawan Hindu Indonesia (ICHI) Regional Kalimantan Selatan pada Minggu, 28 April 2024, di Pasraman Bunda Kumari, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan.

Pelayanan kesehatan gratis ini menyasar 300 orang terdiri dari masyarakat Kelurahan Batu Piring atau di sekitar lokasi Pasraman, dan masyarakat dari 6 desa mayoritas beragama Hindu yang dibawa menggunakan sarana masing-masing desa, yaitu Desa Liyo dan Gunung Riut, Kecamatan Halong, serta Desa Dayak Pitap, Ajung, Langkap, dan Kambiyan, Kecamatan Tebing Tinggi.

ICHI Regional Kalsel baru pertama kali mengagendakan program kerja pelayanan kesehatan gratis, dengan melibatkan tim medis dan relawan dari berbagai instansi serta perguruan tinggi.

Pelayanan yang diberikan mulai dari pemeriksaan kesehatan umum, konsultasi medis, penanganan medis ringan, sunat, hingga pembagian obat gratis.

Ketua ICHI Regional Kalsel, dr. I Made Dwi Jayantara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui baksos ini para cendekiawan mengamalkan ajaran-ajaran Kitab Suci Weda, Mundaka Upanishad. Menurutnya, sekecil apapun langkah yang dijalankan, jika dilakukan dengan penuh cinta kasih dan bhakti, maka Tuhan sendiri akan hadir membantu kita.

“Di sini ada pelayanan kesehatan tingkat dasar, tingkat dasar artinya untuk penyakit-penyakit yang sifatnya ringan. Jika dalam pemeriksaan kita mendapati penyakit yang berat, perlu spesialis, kita akan rujuk ke puskesmas bagi yang memiliki BPJS, dari puskesmas bisa dilanjutkan ke rumah sakit yang ada di Kota Balangan.” ujar dr. I Made Dwi Jayantara, Ketua ICHI Regional Kalsel.

Baca Juga  Meriahkan HUT RI Ke 77, Murid SD Ikuti Berbagai Lomba

Sementara itu, Ketua Pasraman Bunda Kumari Balangan, Mariana, menuturkan bahwa kegiatan baksos juga sebagai bentuk implementasi ajaran Tri Hita Karana, yaitu menjaga hubungan baik dengan Tuhan, sesama manusia, dan lingkungan.

“Mari kita berbuat kebaikan yang disebut di dalam ajaran agama Hindu adalah ajaran dharma yang penuh cinta kasih, melakukan kebaikan kepada semua orang tanpa memilih atau melihat dari mana dia, suku apa dia, agama apa dia. Yang intinya adalah di dalam semua manusia ada sinar cahaya suci Tuhan, maka itulah kita memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua orang, khususnya yang hadir hari ini.” ujar Mariana, Ketua Pasraman Bunda Kumari Balangan.

Mariana berharap ICHI semakin maju, berjaya, dan terus bergerilya melakukan kegiatan-kegiatan bermakna untuk kemajuan umat Hindu serta seluruh umat manusia pada umumnya.

Tak lupa, ia juga mengapresiasi berbagai pihak, instansi, dan lembaga yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini, di antaranya Pemprov Kalsel, Pemkab Balangan, Polres Balangan, dan Kemenag Balangan.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment