Home Tabalong Hari Ini Jelang Pilkada 2024, Anggota Panwaslu Kecamatan Dievaluasi

Jelang Pilkada 2024, Anggota Panwaslu Kecamatan Dievaluasi

by Muhammad Rais
0 comment

Bawaslu Tabalong mengevaluasi kinerja anggota Panwaslu Kecamatan existing pada pemilu lalu guna menghadapi Pilkada mendatang. Dari 36 anggota Panwaslu Kecamatan existing, 2 di antaranya tidak mengikuti evaluasi lantaran terpilih sebagai komisioner KPU Tabalong.

Evaluasi kinerja anggota Panwaslu Kecamatan existing dalam rangka pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel, serta Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024, dilaksanakan Bawaslu Tabalong pada Sabtu, 27 April 2024, di SMK Negeri 1 Tanjung Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Evaluasi kinerja ini diikuti 34 anggota Panwaslu Kecamatan existing dari 36 anggota yang sebelumnya bertugas pada pemilu 2024. Sehingga dapat dipastikan 2 posisi anggota Panwaslu Kecamatan akan diisi pendaftar baru.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tabalong, Muhammad Zainudin, menjelaskan bahwa 2 anggota Panwaslu Kecamatan existing yang tidak mengikuti evaluasi terpilih sebagai komisioner KPU Tabalong yang baru-baru ini dilantik.

“Dari 36 orang anggota Panwaslu Kecamatan, ada 2 yang sudah dipastikan akan kosong karena 2 Panwaslu Kecamatan tersebut di Panwaslu Kecamatan Tanjung dan Murung Pudak terpilih menjadi KPU Kabupaten Tabalong.” ujar Muhammad Zainudin, Koordinator Divisi P3S Bawaslu Tabalong.

Evaluasi kinerja anggota Panwaslu Kecamatan existing terdiri dari 2 aspek, yaitu aspek kinerja institusi dan aspek kinerja individual.

Selain 2 tahap evaluasi tersebut, masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap kinerja Panwaslu Kecamatan existing juga menjadi bahan pertimbangan kelanjutan mereka sebagai pengawas Pilkada tahun 2024.

Baca Juga  Layanan USG Hewan Ternak Kini Tersedia di Disbunnak Tabalong

Selanjutnya, hasil penilaian evaluasi kinerja di tingkat Kabupaten Tabalong akan dipertimbangkan hasil konsultasi dengan Bawaslu Provinsi Kalsel, lalu diumumkan pada awal bulan Mei. Sedangkan rekrutmen pendaftar baru akan dibuka setelah melihat hasil penilaian evaluasi kinerja Panwaslu Kecamatan existing.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment