Home Editor's Picks DPMD Dorong Desa Realisasikan Transfer Dana Pusat Tahap I

DPMD Dorong Desa Realisasikan Transfer Dana Pusat Tahap I

by tabalong hari ini
0 comment

Penyaluran dana desa tahap pertama dari pemerintah pusat ke 121 desa di Kabupaten Tabalong, tuntas pada bulan Maret 2023. Pemerintah desa pun didorong segera merealisasikan anggaran tersebut untuk menjalankan program kegiatan yang sudah direncanakan.

Dorongan realisasi dana desa tahap pertama disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Tabalong, Aidy Risyawal, saat ditemui pada 27 April 2023 di kantornya. Ia menyebutkan, dana desa tahap pertama yang sudah tersalurkan dari pemerintah pusat ke 121 desa sebesar 36 miliar 775 juta rupiah.

Penyaluran dana desa ini terdiri dari anggaran untuk program kegiatan desa sebesar 30 miliar 917 juta rupiah, BLT triwulan satu sebesar 2 miliar 956 juta rupiah, dan BLT triwulan dua sebesar 2 miliar 901 juta rupiah.

“Kita harus mendorong pemerintah desa supaya ketika mereka sudah mendapatkan dana transfer ini, sudah masuk ke rekening kas desa, agar pihak desa ini segera membelanjakan. Membelanjakan dalam artian baik itu melalui pelaksanaan kegiatan, atau memang ada item-item perbelanjaan yang harus segera direalisasikan, seperti itu,” ujar Aidy Risyawal, Kabid Pemerintahan Desa DPMD Tabalong.

Aidy Risyawal menuturkan, total dana desa tahun 2023 yang dialokasikan pemerintah pusat untuk 121 desa di Kabupaten Tabalong sebesar 97 miliar 555 juta rupiah. Dana desa ini disalurkan secara bertahap, tergantung realisasi masing-masing desa. Oleh karena itu, ia mendorong desa segera merealisasikan dana desa tahap pertama agar penyaluran tahap berikutnya dapat dilakukan.

Baca Juga  Warga Harap Pemprov Segera Rehab Total Jembatan Santuun

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment