Home Tabalong Hari Ini Peserta Program Adaro PAUD Berkarakter Ikuti Observasi ke Sekolah

Peserta Program Adaro PAUD Berkarakter Ikuti Observasi ke Sekolah

by Muhammad Rais
0 comment

Upaya Adaro dalam meningkatkan karakter anak kembali dilakukan. Salah satunya dengan mengajak peserta Program Adaro PAUD Berkarakter, pilar Adaro Nyalakan Ilmu, untuk melakukan observasi ke PAUD inti binaan Adaro.

Observasi dilakukan puluhan peserta Program Adaro PAUD Berkarakter, pilar Adaro Nyalakan Ilmu, ke PAUD inti binaan Adaro, tepatnya di TK Negeri Nusa Indah, Desa Nalui, Kecamatan Jaro, pada Selasa, 12 September 2023.

Kegiatan ini merupakan lanjutan pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter atau PHBK yang dibina langsung oleh PT Adaro Energy Indonesia Tbk.

Guru TK Negeri Nusa Indah, Khairunisa, mengaku bangga di tahun ini sekolahnya dapat menjadi salah satu lokasi observasi oleh peserta pelatihan PHBK. Pasalnya, sejak mengikuti program ini, TK Nusa Indah setidaknya telah mengimbas PHBK ke 12 TK terdekat di Kecamatan Jaro.

“Untuk angkatan pertama, kami berjumlah 7 lembaga, kemudian yang kedua ini berjumlah 5 lembaga, jadi 12 lembaga yang sudah diimbaskan oleh kami, menularkan pembelajaran PHBK ataupun penanaman karakter kepada anak,” kata Khairunisa, guru TK Negeri Nusa Indah.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Serelo Desa Merapi, Kabupaten Lahat, Provinsi Sumatra Selatan, Dis Wilianah, mengaku sangat bersyukur bisa mengikuti program Adaro Berkarakter yang dilakukan secara berkesinambungan. Pasalnya, dengan adanya observasi ini, dirinya dapat menggali lebih dalam terkait PHBK yang akan diterapkan di daerahnya.

Baca Juga  Dorong Peran Dunia Usaha, Pemkab Optimis KLA Utama Tercapai

“Yang observasinyakan ini dilihat, insyaAllah kami terapkan ke TK kami bagus sekali bu, apalagi kami lihat terjun kelapangan penerapan PHBK ini terhadap anak sangat membantu karakternya mudah tersampaikan ke anak dengan cara penyampaian dengan pendidikan karakter PHBK,” ujar Dis Wilianah, Kepala Sekolah TK Serelo.

Senada dengan hal tersebut, guru TK Negeri Pembina Petangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Tri Ekstorini, mengaku siap menerapkan PHBK di tempat kerjanya, serta mengembangkan berbagai metode yang telah dipelajari.

“Dari observasi ini akan diterapkan juga di TK Ibu? Iya, mudah-mudahan juga mengembangkan lebih baik lagi (di sekolah pian bu ya?) Iyaa,” kata Tri Ekstorini, guru TK Negeri Pembina Petangkep Tutui.

Diketahui, observasi dilakukan serentak di 12 TK binaan Adaro dalam Program Adaro PAUD Berkarakter, pilar Adaro Nyalakan Ilmu, yang tersebar di Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Balangan. Observasi ini diikuti sebanyak 80 peserta calon guru atau penggerak Pendidikan Holistik Berbasis Karakter.

Sejak tahun 2018, PT Adaro intens melaksanakan pelatihan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter kepada TK dan pendidikan anak usia dini. Hingga kini, Adaro sukses membina 197 TK melalui Program Adaro PAUD Berkarakter, pilar Adaro Nyalakan Ilmu.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment