Home Tabalong Hari Ini Lomba Posyandu Jadi Evaluasi untuk Tingkatkan Kualitas Posyandu

Lomba Posyandu Jadi Evaluasi untuk Tingkatkan Kualitas Posyandu

by Muhammad Rais
0 comment

Kegiatan lomba Posyandu yang dilaksanakan oleh DPMD Kabupaten Tabalong disambut baik oleh sejumlah kepala desa di Tabalong. Pasalnya, melalui kegiatan ini, pihak desa maupun kader dapat melakukan evaluasi untuk peningkatan kualitas dan pelayanan.

Seperti yang dirasakan oleh Kepala Desa Talan Kecamatan Banua Lawas, Madian. Ia menilai lomba Posyandu memiliki peran besar dalam peningkatan pelayanan dan kualitas sebuah Posyandu. Pasalnya, melalui lomba ini, pihaknya dapat melakukan evaluasi dan perbaikan terhadap penilaian yang diberikan.

“Jadi mengetahui apa kekurangan kami, jadi kami bisa dengan adanya penilaian tadi berarti di mana kesalahan kami dan di mana yang lebih baiknya. Nah, itu dengan adanya itulah kami merasa bersyukur artinya menambah wawasan kami dalam penanganan masalah masyarakat ini utamanya untuk kesehatan anak balita, ibu hamil, dan sebagainya,” ujar Madian, Kepala Desa Talan Kecamatan Banua Lawas.

Hal serupa juga dirasakan oleh Kepala Desa Desa Karangan Putih Kecamatan Kelua, Roklan. Ia mengaku penilaian ini dapat menjadi acuan dalam peningkatan kualitas Posyandu di desanya.

“Dengan adanya nanti penilaian ini maka kami akan kedepannya nanti bisa lebih mengenal apa itu kekurangan dan kelebihan dari tim penilai ini. Nanti kan tim penilai memberikan evaluasi apa-apa yang perlu dilengkapi. Nah, itulah menjadi bahan kami untuk supaya lebih maju,” ujar Roklan, Paw Desa Murung Karangan Kecamatan Kelua.

Baca Juga  DP3AP2KB Tabalong Upayakan Seluruh Sekolah Terapkan Sekolah Ramah Anak

Para kepala desa ini optimis dapat mewakili Kabupaten Tabalong pada lomba Posyandu tingkat provinsi Kalsel mendatang. Hal ini seiring dengan matangnya persiapan yang telah dilakukan.

Diketahui penilaian lomba Posyandu tingkat Kabupaten Tabalong digelar mulai 19 Februari 2024 hingga 27 Februari. Penilaian menyasar 12 desa yang berasal dari perwakilan 12 kecamatan se Kabupaten Tabalong.

Pemenang lomba Posyandu tingkat Kabupaten Tabalong nantinya akan dipilih menjadi perwakilan Kabupaten Tabalong, yang selanjutnya akan mengikuti lomba Posyandu tingkat provinsi Kalimantan Selatan.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment