Home Tabalong Hari Ini Khataman Qur’an dan Halal Bihalal, serta Tafsir

Khataman Qur’an dan Halal Bihalal, serta Tafsir

by Muhammad Rais
0 comment

Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir Masjid Hidayatullah Pandan Arum menggelar khataman Qur’an sekaligus halal bihalal Idul Fitri 1445 Hijriah. Melalui kegiatan ini, diharapkan semakin banyak masyarakat yang ikut pembelajaran di majelis tersebut.

Ratusan jamaah Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir mengikuti kegiatan khataman Qur’an sekaligus halal bihalal pada Minggu, 28 April 2024, di Masjid Hidayatullah Pandan Arum, Kelurahan Belimbing Raya, Kecamatan Murung Pudak.

Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir sendiri merupakan majelis yang mengajarkan tentang bagaimana cara membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, pelafalan yang fasih, serta pembelajaran tentang tafsir Al-Qur’an.

Sejak berdiri pada akhir tahun 2023, majelis ini sudah melaksanakan kegiatan khataman Qur’an sebanyak 7 kali.

Saat diwawancarai usai kegiatan, pimpinan Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir, Ruaida Siddiq, mengatakan bahwa majelis tersebut dibentuk untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin belajar dan mendalami Al-Qur’an sekaligus tafsir.

“Alhamdulillah, kenapa saya terbuka hatinya untuk mendirikan majelis ta’limul Qur’an ini karena sementara ini kan TPA saja yang menjamur anak-anak kecil saja yang menjamur belajar Qur’an, sementara ibu-ibu tidak ada majelis yang besar untuk belajar Al-Qur’an untuk mendalami Al-Qur’an. Makanya, tujuan saya itu bermaksud supaya banyak ibu-ibu muslimah yang terpanggil hatinya untuk mengikuti majelis ini untuk belajar tadarus dan mendalami Al-Qur’an.” ujar Ruaida Siddiq, pimpinan Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir.

Baca Juga  Pembeli Akui Inovasi Julak Wasi Stabilkan Harga Pangan

Sementara itu, salah satu jamaah Majelis Ta’limul Qur’an dan Tafsir sekaligus Ketua Komunitas Sayangi Sesama, Erlina Effendi Ilas, mengatakan bahwa kegiatan majelis tersebut merupakan kegiatan positif yang harus dicontoh oleh seluruh pihak. Selain itu, hal ini juga selaras dengan program kegiatan yang ada di Komunitas Sayangi Sesama.

“Harapannya majelis seperti ini, majelis Al-Qur’an seperti ini bisa nanti berdiri di desa-desa, nanti di banyak tempat, dan bukan hanya untuk ibu-ibunya, tapi mungkin nanti, mudah-mudahan terinspirasi bapak-bapaknya juga bisa mendirikan majelis yang serupa.” ujar Erlina Effendi Ilas, Ketua KS2 Tabalong.

Pihak Majelis Ta’limul Qur’an pun mengajak kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 4 sore.

Diketahui, pimpinan Majelis Ta’limul Qur’an, Ruaida Siddiq, merupakan salah satu qoriah berprestasi asal Tabalong, seperti pertama menjuarai MTQ tingkat kabupaten hingga pernah menjadi juara 2 MTQ tingkat nasional antar Pertamina di Jakarta.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment