Home Hewan Pemkab Tabalong Serahkan Bantuan 99 Ekor Kambing untuk Kelompok Tani

Pemkab Tabalong Serahkan Bantuan 99 Ekor Kambing untuk Kelompok Tani

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyerahkan bantuan puluhan ekor kambing kepada kelompok tani untuk dibudidayakan. Budidaya hewan ternak tersebut diharapkan berhasil sehingga populasi kambing di Tabalong semakin meningkat.

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, menyerahkan secara simbolis bantuan kambing kepada kelompok tani pada Selasa, 18 Juli 2023, di halaman kantor Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Tabalong, Mabuun, Kecamatan Murung Pudak.

Bupati Anang dalam sambutannya menyampaikan bahwa bantuan ini diberikan untuk mengembangkan budidaya kambing di Kabupaten Tabalong guna memenuhi kebutuhan daging kambing di daerah, bahkan ke wilayah Ibukota Nusantara atau IKN.

Pasalnya, kehadiran IKN nantinya dinilai menghadirkan pangsa pasar yang sangat luas untuk distribusi daging kambing.

“Yang paling berat itu menjaga amanah dan kepercayaan, nah oleh sebab itu saya mohon perhatian agar kelompok yang diberi bantuan ini dapat mengembangkan secara serius ya. Sudah terlalu banyak bantuan yang diberikan, tetapi ada yang tidak ada kabarnya lagi, ada yang ada kabarnya, tapi melihat dari tantangan kita ke depan saya yakin kelompok-kelompok ini bisa melaksanakan,” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan, Peternakan, dan Perikanan Tabalong, Saleh, yang ditemui usai penyerahan menyebutkan bahwa kambing yang diserahkan sebanyak 99 ekor, terdiri dari 89 kambing betina peranakan Etawa dan Jawa Randu, serta 10 kambing jantan peranakan asli Boer. 89 kambing betina diserahkan untuk 5 kelompok tani, sedangkan 10 kambing jantan untuk 10 kelompok tani.

Baca Juga  Tabalong Menjadi Percontohan Penerapan Aplikasi Srikandi

“Rencana kita akan mengawinkan dengan indukan ini ada beberapa jenis ya juga di sini, ada sekitar 89 ini akan kita distribusikan dalam 5 kelompok. Mudah-mudahan ke depannya kita bisa swasembada daging kambing. Sekarang masih banyak mendatangkan dari Barabai, maupun Jawa. Ke depan 3-4 tahun yang akan datang kita sudah swasembada daging sendiri,” ujar Saleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Kelompok tani yang menerima bantuan kambing betina adalah Rukun Makmur Kambitin Raya dengan 45 ekor, Bina Tani Simpung Layung dengan 20 ekor, Sumber Makmur Simpung Layung dengan 15 ekor, Ngudi Mulyo 4 Argo Mulyo dengan 4 ekor, dan Sido Mukti Ribang dengan 5 ekor.

Sedangkan 10 ekor kambing jantan masing-masing diserahkan 1 ekor untuk kelompok tani Rukun Makmur Kambitin Raya, Bina Tani dan Sumber Makmur Simpung Layung, Mekarwati Masingai Satu, Pantai Jaya Bilas, Panca Marga Padang Panjang, Mekar Jaya dan Pasti Jaya Masingai, Karya Makmur Bongkang, serta Sido Mukti Ribang.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment