Home Editor's Picks Presiden Jokowi Apresiasi Dukungan Warga Melayu-Banjar untuk IKN

Presiden Jokowi Apresiasi Dukungan Warga Melayu-Banjar untuk IKN

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam acara istighosah dan doa bersama Presiden Jokowi, turut disampaikan risalah Melayu Banjar yang merupakan hasil muktamar pertama Rabithah Melayu Banjar. Salah satu poin risalah tersebut adalah dukungan masyarakat Melayu Banjar terhadap pembangunan IKN Nusantara.

Berdasarkan hasil muktamar pertama Rabithah Melayu Banjar di Kabupaten Tabalong, terdapat tiga poin pernyataan sikap yang dikeluarkan melalui risalah Melayu Banjar. Pertama, masyarakat Melayu Banjar siap berbaris satu komando bersama Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk mendukung keberlanjutan pembangunan.

Kedua, masyarakat Melayu Banjar mendukung penuh kebijakan terbaik dari Presiden Republik Indonesia untuk menyukseksan pembangunan ibukota Nusantara. Serta yang ketiga, masyarakat Melayu Banjar mendukung kepemimpinan nasional yang terus bekerja untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Risalah Melayu Banjar ini disampaikan perwakilan pengurus Rabithah Melayu Banjar, Harun Arrasyid, saat acara istighosah dan doa bersama sebagai rangkaian acara muktamar pertama Rabithah Melayu Banjar pada Jumat, 17 Maret 2023 di halaman pendopo Bersinar Pembataan, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

“Melayu Banjar adalah entitas kebudayaan, semangat, nilai, dan identitas. Salah satu identitas yang melekat adalah Islam dengan nafas Ahlu Sunnah Wal Jamaah. Dalam momentum muktamar Rabithah Melayu Banjar ini, kita berikhtiar untuk menyelaraskan pikiran, menyampaikan kebulatan tekad, dan menyatakan sikap,” Harun Arrasyid, perwakilan pengurus Rabithah Melayu Banjar.

Baca Juga  Ratusan Gas LPG 3 Kg Ludes Terjual Di Pasar Murah

Sementara itu, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengapresiasi atas dukungan masyarakat Melayu Banjar terhadap pembangunan ibukota Nusantara di Kalimantan Timur. Presiden Jokowi pun berharap masyarakat Melayu Banjar menjadi tuan rumah di tanah sendiri, berperan aktif, dan menjadi bagian penting dari sejarah terwujudnya ibukota Nusantara.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama berdoa, berikhtiar, baik lahir maupun batin, bekerja keras dengan sekuat tenaga untuk mewujudkan pembangunan ibukota Nusantara, sebagai pintu gerbang percepatan pembangunan di Pulau Kalimantan, dan juga memohon ridho Allah SWT agar selalu membimbing dan memudahkan langkah-langkah kita,” Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya, rangkaian acara istighosah dan doa bersama Muktamar Rabithah Melayu Banjar diawali dengan shalat Subuh berjamaah. Terpantau ribuan jamaah memadati halaman pendopo bersinar pembataan sejak pukul 4 lewat 30 menit.

Para jamaah ini diperiksa barang bawaannya menggunakan metal detector dan penggeledahan oleh petugas agar memastikan acara berlangsung kondusif. Shalat Subuh berjamaah ini diimami Haji Faturrahman dengan muadzin Akhmad Noor Effendi.

Usai shalat Subuh berjamaah, acara dilanjutkan dengan istighosah Ratib Al Haddad yang dipimpin Ustadz Irfan Wahyuni, tausiyah agama oleh Tuan Guru Haji Abdul Bari, dan syair Maulid Nabi yang dibawakan Majelis Hadrah Al Banjari.

Kemudian saat langit mulai terang, Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto tiba di Pendopo Bersinar Pembataan untuk memberikan sambutan sekaligus menyapa masyarakat Tabalong secara langsung.

Baca Juga  Komisi II DPRD Tabalong Dukung Peningkatan Kualitas UMKM

Lalu disusul kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Hadirnya Presiden Jokowi ini pun menandakan acara inti dimulai yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pembacaan ayat suci Al-Quran oleh Muhammad Hafizh, dan sambutan-sambutan.

Kemudian doa bersama yang dipimpin Kiai Haji Asmuni, atau Guru Danau, dilanjutkan dengan penampilan seni Banjar Madihin oleh Ahmad Syahrani.

(Rais – Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment