Dinkes Gelar Germas Dalam Aksi Bergizi di Sekolah

by tabalong hari ini
0 comment

Dimulai dengan senam pagi bersama, seluruh siswa siswi dan dewan guru SMA Negeri 2Tanjung, mengikuti gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) melalui aksi bergizi di sekolah, yang digelar Dinas Kesehatan Tabalong. Seluruh siswa siswi aktif dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan. Program Germas turut diisi dengan minum tablet tambah darah secara bersamaan bagi remaja putri SMA Negeri 2 Tanjung.

Melalui Germas aksi bergizi di sekolah ini, Dinas Kesehatan Tabalong menyampaikan tiga poin utama. Pertama terkait pemenuhan gizi seimbang, latihan fisik atau berolahraga, serta meminum tablet tambah darah seminggu sekali bagi remaja putri.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie menuturkan, Germas melalui aksi bergizi di sekolah ini, akan rutin dilaksanakan di sekolah-sekolah di Tabalong. Ia menegaskan Germas juga merupakan program yang dibentuk untuk mencegah beberapa faktor penyebab stunting.

“Jadi kegiatan rutin berupa pemberian pil tambah darah untuk para siswa remaja ini kita tujuannya mereka adalah calon ibu ya sehingga nanti kita harapkan anemia ini bisa di tuntaskan secara dini sehingga ibu-ibu yang kedepannya jd ibu hamil itu tidak lagi mengalami anemia karena anemia adalah salah satu faktor yang menyebabkan stunting di Kabupaten Tabalong,” jelas dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Kepala SMA Negeri 2 Tanjung, Hamsarudin mengatakan, pihaknya menyambut baik Program Germas yang diluncurkan di SMA Negeri 2 Tanjung. Pihaknya juga mengaku siap, untuk terus mendeklarasikan kepada para murid tentang gerakan hidup sehat.

“Kami sangat berbangga dan bersyukur gerakan Germas ini di launching di SMA Negeri 2 Tanjung dan kami akan menindak lanjuti secara nyata bahwa anak-anak yang bersekolah di SMA 2 ini di himbau kepada orang tua untuk menyediakan sarapan pagi sesuai dengan proporsional dengan gizi yang seimbang,” ungkap Hamsarudin, Kepala SMA Negeri 2 Tanjung.

Hamsarudin berharap, Program Germas melalui aksi bergizi di sekolah, dapat memberikan pemahaman pada siswa siswi terkait kebutuhan tubuh dan asupan gizi yang diperlukan. Sehingga dapat menjadi generasi yang sehat dan kuat serta turut serta dalam pencegahan stunting di Tabalong.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment