Home Hewan Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman, Disbunnak Periksa Puluhan Hewan Kurban

Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman, Disbunnak Periksa Puluhan Hewan Kurban

by tabalong hari ini
0 comment

Sepelan menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Pemeriksaan kesehatan dilakukan agar hewan kurban yang nantinya dipotong dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Delapan hari menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong melakukan pemeriksaan hewan kurban ke wilayah Desa Pugaan, Kecamatan Pugaan, pada Rabu, 21 Juni 2023.

Pemeriksaan kesehatan ini sendiri dilakukan oleh 5 orang tim kesehatan dari Disbunnak Tabalong.

Sebanyak 70 ekor sapi diperiksa kesehatannya dengan cara melihat seluruh kondisi kesehatan fisik hewan.

Tidak hanya pemeriksaan kesehatan, dalam layanan ini, Disbunnak Tabalong juga memberikan suntik vitamin bagi ternak sapi yang baru datang ke Kabupaten Tabalong.

Medik Veteriner UPTD Puskeswan Disbunnak Tabalong, Mega Indah Suryani, menjelaskan bahwa pemberian vitamin dilakukan agar dapat menurunkan tingkat stres hewan yang baru melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, pemberian vitamin ini nantinya juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga pada saat pemotongan, hewan kurban ini dalam kondisi sehat.

“Pada saat transportasi hewan, hewan itu akan mengalami rasa stres yang tinggi. Yaitu dengan pemberian vitamin, supaya nafsu makannya meningkat. Hewannya jadinya lebih rileks, dan saat dilakukan pemotongan, hewannya sehat,” ujar drh. Mega Indah Suryani, Medik Veteriner UPTD Puskeswan.

You Might Be Interested In
Baca Juga  61 Gram Emas Dibagikan Kerukunan Warga Guru Tanjung untuk Guru Purna Tugas

Mega menambahkan bahwa pemeriksaan hewan kurban sendiri dilakukan di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Tabalong. Di setiap kecamatan sudah terdapat petugas yang akan melakukan pendataan sekaligus memeriksa kesehatan hewan kurban.

(Maria Ulfah/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment