Home Editor's Picks Gemapatas Bawa Pesan Pentingnya Tanda Batas Tanah

Gemapatas Bawa Pesan Pentingnya Tanda Batas Tanah

by tabalong hari ini
0 comment

Kementerian ATR – BPN Republik Indonesia mencanangkan program Gemapatas, gerakan masyarakat pemasangan tanda batas Tahun 2023 dengan target satu juta patok. Program ini pun dicanangkan di Kabupaten Tabalong dengan target seribu patok.

Bupati Tabalong Kepala Kantor Pertanahan Tabalong, dan unsur Forkopimda lainnya, secara simbolis melakukan pemasangan patok untuk program Gemapatas di Desa Masukau, Kecamatan Murung Pudak, pada Jumat 3 Februari 2023.

Pencanangan program ini dilakukan serentak secara virtual se-Indonesia, dengan dipimpin menteri agraria dan tata ruang, Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hadi Tjahjanto.

Kepala Kantor Pertanahan Tabalong, Endah Nur Cahya dalam sambutannya berharap, Program Gemapatas menjadi sarana edukasi, sosialisasi, dan informasi ke seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Tabalong, bahwa tanda batas sangat penting. Pasalnya tanda batas merupakan salah satu bentuk pengamanan aset terhadap harta kekayaan masyarakat, yakni berupa bidang tanah.

Oleh karena itu, endah berpesan, agar masyarakat Tabalong secara sadar memasang patok tanda batas masing-masing aset bidang tanahnya, sehingga meminimalisir permasalahan pertanahan.

“Setidaknya mengurangi sengketa batas, sengketa kepemilikan, maupun permasalahan lainnya. Dan tapi harus diingat bahwa memasang patok itu jangan sakahandak hati kita, sakahandak hati sorang, karena apa? Yang namanya memasang patok itu harus ada persetujuan orang-orang yang berbatasan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengingatkan agar masyarakat tak lagi abai terhadap tanda batas tanah , pasalnya dengan adanya pemindahan Ibukota Negara baru ke Kalimantan Timur, juga pasti akan berdampak pada permasalahan tanah di Tabalong.

Baca Juga  Pertalite Langka Sebabkan Antrean Panjang di SPBU

 “Ulun ingin mengingatkan kita semua bahwa sudah dapat dipastikan 5 tahun, 10 tahun yang akan datang, permasalahan tanah di Tabalong ini jauh lebih panas dibandingkan daerah-daerah lain. Karena apa? Karena keberadaan Ibukota Nusantara. Harga tanah semakin mahal, jumlah tanahnya tidak bertambah,” katanya.

Pemasangan satu juta patok yang dicanangkan Kementerian ATR – BPN Republik Indonesia melalui program Gemapatas Tahun 2023, berhasil memecahkan rekor muri. Untuk mendukung capaian tersebut, pemerintah Kabupaten Tabalong menyediakan seribu patok gratis untuk masyarakat Tabalong.

Seribu patok ditargetkan terpasang ke 10 kelurahan – desa, masing – masing 100 patok di Kelurahan Sulingan, Belimbing Raya, dan Jangkung, serta Desa Masukau, Kapar, Kasiau, Wayau, Tanta Hulu, Kambitin, dan Kambitin Raya.

Alfi Syahrin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment