Home Tabalong Hari Ini Peluncuran Pilkada Tabalong Digelar Tertutup, Kenapa?

Peluncuran Pilkada Tabalong Digelar Tertutup, Kenapa?

by Muhammad Rais
0 comment

KPU Tabalong akan melaksanakan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024 secara tertutup atau indoor. Kebijakan tersebut terpaksa diambil dengan sejumlah pertimbangan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Peluncuran pemilihan kepala daerah atau Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024 dijadwalkan akan digelar KPU Tabalong pada Rabu malam, 12 Juni 2024, di Aston Tanjung City Hotel.

Acara peluncuran tersebut bersifat tertutup dengan undangan terbatas, seperti halnya di Kabupaten Banjar dan Tanah Laut. Meski demikian, acara peluncuran disiarkan secara langsung melalui TV Tabalong.

Ketua KPU Tabalong, Ardiansyah, yang ditemui pada Selasa, 11 Juni 2024, di ruang kerjanya menjelaskan tiga pertimbangan acara peluncuran dilaksanakan secara tertutup atau indoor.

Pertama adalah musim hujan dan kondisi cuaca yang tidak bisa ditebak.

Kedua, masih ada rasa trauma saat pemungutan suara pemilu 2024 lalu, yakni terjadi pertengkaran dan penusukan salah satu petugas KPPS.

Kemudian yang ketiga, untuk mengantisipasi gesekan antar kelompok tim pendukung bakal calon Bupati Tabalong. Pasalnya, suhu perpolitikan Tabalong mulai memanas yang dapat teridentifikasi dari masifnya baliho-baliho bakal calon Bupati Tabalong, berbeda dengan kabupaten lain.

“Kalau misalnya kemarin dilaksanakan di outdoor, maka kalau misalnya bertemu dalam satu kegiatan yang dilaksanakan notabene adalah pemilihan bupati, maka mungkin dilakukan pembicaraan-pembicaraan terkait nanti siapa calonnya si A, siapa calonnya si B, siapa calonnya si C, sehingga nanti takutnya bisa terjadi pergesekan. Kita juga berkoordinasi kemarin dengan pihak kepolisian, dan pihak kepolisian juga mengidentifikasi itu,” ujar Ardiansyah, Ketua KPU Tabalong.

Ardiansyah menuturkan, meski acara digelar tertutup, namun tidak mengurangi esensi dan substansi peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024.

Pihaknya juga mengundang berbagai kalangan mulai dari jajaran SKPD Pemkab Tabalong, instansi vertikal, camat, perusahaan, perbankan, LSM, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan media untuk membantu mensosialisasikan acara peluncuran.

Diketahui acara peluncuran pemilihan kepala daerah atau Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tabalong tahun 2024 akan diisi hiburan dari artis dangdut koplo Jihan Audy, pemenang sayembara jingle pemilihan Whatday Project, dan band lokal lainnya.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment