Home Tabalong Hari Ini PKBM Amal Saleh Jadi Salah Satu Upaya Cetak SDM Berkualitas

PKBM Amal Saleh Jadi Salah Satu Upaya Cetak SDM Berkualitas

by Muhammad Rais
0 comment

Camat Murung Pudak menilai diluluskannya ratusan siswa program kesetaraan PKBM Amal Saleh mampu berkontribusi pada peningkatan sumber daya manusia di Tabalong. Terlebih, saat ini Tabalong digadang-gadang menjadi penyangga Ibu Kota Nusantara.

Hal tersebut disampaikan oleh Camat Murung Pudak, Handi Yanuardi, yang turut hadir pada pelepasan 132 siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat atau PKBM Amal Saleh Murung Pudak, pada Sabtu, 8 Juni 2024.

Handi mengapresiasi semangat siswa-siswi PKBM Amal Saleh yang telah mampu menyelesaikan pendidikannya meskipun melalui pendidikan non formal.

Langkah tersebut menurutnya sangat bagus dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Tabalong, khususnya dalam menyambut Ibu Kota Nusantara sekaligus Indonesia Emas tahun 2045.

“Saya salut ya pada warga belajar PKBM Amal Saleh ini. Motivasi belajarnya tinggi meskipun nonformal, tapi ini merupakan salah satu syarat buat mereka untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya, baik itu sekolah maupun ke dunia kerja. Terlebih lagi, kita menjadi penyangga Ibu Kota Negara, kita juga menyambut persiapan kita untuk menuju Indonesia Emas tahun 2045.” ujar Handi Yanuardi, Camat Murung Pudak

Senada dengan Handi, Kasi PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tabalong, Murji, berharap para siswa-siswi ini dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya maupun mencari pekerjaan.

Baca Juga  Haflah Takhrij Siswa Angkatan Pertama Sekolah Alam Tanjung Tabalong

“Warga belajar yang telah lulus Paket A ini dapat melanjutkan ke Paket B ataupun bisa melanjutkan ke formal asalkan mereka masih usia sekolah. Begitu juga dengan Paket B, bisa melanjutkan juga ke SMK atau SMA asalkan mereka masih usia sekolah. Bagi yang Paket C, kami mengharapkan mereka kuliah ataupun dapat mencari pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka.” ujar Murji, Kasi PAUD Disdikbud Tabalong

Diketahui, pada tahun ajaran 2023-2024 ini, PKBM Amal Saleh Murung Pudak meluluskan sebanyak 132 orang siswa, terdiri dari program kesetaraan Paket A setara SD sebanyak 14 orang, Paket B setara SMP 54 orang, dan Paket C setara SMA 64 orang.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment