Genta Tabalong Tampil Di Jakarta, Kepala UPTD Taman Budaya : Berkualitas Layak Tampil

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Inilah pergelaran seni dan budaya, dari Program UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan, yang ditampilkan pada 22 Mei 2022, di Anjungan Kalimantan Selatan Taman Mini Indonesia Indah. Pergelaran seni dan budaya merupakan upaya UPTD Taman Budaya memberikan tontonan seni tradisi, sebagai pengobat rindu masyarakat Banjar atau Kalimantan Selatan yang berada di DKI Jakarta.

Kepala UPTD Taman Budaya Provinsi Kalimantan Selatan, Suharyanti menjelaskan, pergelaran seni dan budaya Taman Mini Indonesia indah dikemas dalam bentuk seni teater tradisi mamanda, dengan judul Tiraju Watas Banua. Di dalamnya dikolaborasikan dengan seni musik, seni tutur madihin dan tari. Ia pun mengapresiasi tampilan yang disajikan komunitas Generasi Tabalong, yang dinilai berkualitas, sehingga layak untuk di tampilkan di ajang nasional.

 “Jelas ya, kita jujur bahwasanya Taman Budaya itu menunjuk atau merekomendasikan komunitas itu tidak hanya sekedar menunjuk karena kita ada penilaian tertentu, bagaimana karya mereka itu layak di tampilkan ke luar provinsi salah satunya di Kabupaten Tabalong. Kebetulan sanggar Genta ini kita sadah menilai bahwasanya mereka sudah punya kualitas yang bagus untuk di tampilkan ke kancah nasional” jelas Suharyanti

Pembina Komunitas Seni Genta, Masdulhak Abdi bersyukur, komunitas seni yang di binanya mampu unjuk gigi di kancah nasional. Ia menilai hal tersebut berdamnpak positif terhadap perkembangan kesenian di Tabalong, yang memiliki potensi luar biasa.

 “Penggalian-penggalian potensi ini berdampak positif bagi perkembangan kesenian di Tabalong, dari sanggar-sanggar mungkin dari sekolah bahwa potensi Tabalong ini sebenarnya luar biasa, banyak garapan-garapan yang sebetulnya perlu di ekspose lagi karena Tabalong tentunya memiliki kekayaan seni budaya yang bisa kita tampilkan di even-even luar di luar Tabalong.” kata Masdulhak Abdi

Abdi menambahkan, komunitas genta terbuka lebar bagi siapa saja pelaku-pelaku seni atau pemuda yang menyukai dunia seni, untuk bergabung dalam komunitas tersebut. Dirinya juga menilai masih banyak yang perlu digali di Tabalong melalui tangan kreatif masyarakat Tabalong yang cinta akan seni. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment