Hujan Semalaman, Banjir Rendam Beberapa Wilayah Di Tabalong

by admintv
0 comment

TV Tabalong – Akibat hujan deras yang terjadi sejak 25 Mei 2022, sejumlah wilayah terendam banjir pada 26 Mei 2022. Salah satunya terjadi di Komplek Citra Persada Indah (CPI), Kelurahan Mabuun Kecamatan Murung Pudak. Berdasarkan pengakuan warga, air mulai naik kejalan sejak pukul 7 pagi dan terus berangsur naik.

Kedalaman banjir di lokasi ini bervariasi, mulai dari 10 cm sampai dengan 100 cm atau setara dengan sepinggang orang dewasa. Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Tabalong, Muhammad Joko mengatakan sebanyak 84 unit rumah terendam dan 272 rumah yang terdampak dari banjir di lokasi ini. Guna memberikan kemudahan terhadap akses evakuasi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, BPBD menyiagakan perahu sebagai sarana transportasi.

 “Yang pertama kami evakuasi kalau adapun korban ataupun yang membutuhkan, seperti lansia ataupun masyarakat yang tidak mampu untuk beraktivitas kami sediakan perahu untuk ke jalur evakuasi penyelamatan” kata Joko

Warga CPI RT 14, Noriadi mengaku sempat kebingungan saat ingin membeli makanan ke luar rumah. Akhirnya ia memberanikan diri untuk turun melintasi genangan air, ke depan komplek untuk membeli makan, dan dirinya bersyukur di tengah jalan mendapatkan bantuan evakuasi dari tim SAR BPBD Tabalong.

 “pada saat kembali, berpapasan dengan tim SAR jadi tadi di pertengahan jalan yang sudah banjir itu saya d antar tim sar sampai ke depan rumah, Alhamdulillah” Kata Noriadi,

Noriadi berharap tidak terjadi hujan susulah dalam beberapa hari ke depan, sehingga ketinggian banjir dapat terus berangsur menurun dan masyarakat terdampak banjir dapat beraktivitas normal kembali. Selain di lokasi ini, beberapa wilayah Tabalong seperti Desa Marindi Kecamatan Haruai dan sebagian desa di Kecamatan Upau juga mengalami banjir. (Gazali Rahman).

Related Articles

Leave a Comment