Home Tabalong Hari Ini Masjid Pusaka, Rekomendasi Wisata Religi di Banua Lawas

Masjid Pusaka, Rekomendasi Wisata Religi di Banua Lawas

by Muhammad Rais
0 comment

Masjid Pusaka Banua Lawas menjadi salah satu destinasi wisata religi yang dapat dikunjungi masyarakat di momen libur Lebaran. Masjid ini menyimpan banyak sejarah, khususnya peradaban Islam di wilayah Tabalong.

Masjid yang dibangun pada tahun 1625 Masehi ini selalu ramai dikunjungi peziarah, khususnya setiap libur Hari Raya Idul Fitri. Masjid bersejarah di Kecamatan Banua Lawas ini menjadi daya tarik wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Jauh-jauh hari sebelum Lebaran, pihak pengelola Masjid Pusaka Banua Lawas sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut para peziarah yang datang pada momen Lebaran tahun ini. Pihak pengelola juga mendapat dukungan dari SKPD terkait dalam melakukan persiapan kedatangan para peziarah.

Kaum Masjid Pusaka, Sabran, mengatakan bahwa beberapa hari yang lalu sudah dilakukan pembersihan area masjid serta pemasangan terpal. Kemudian pihaknya juga sudah mempersiapkan area parkir baru yang diperkirakan dapat menampung hingga 30 buah kendaraan roda 4.

“Persiapannya untuk persiapan hari raya ya hampir 80 persen, untuk setelah hari raya pengunjung ziarah itu selalu siap disini, sebabnya disini habis hari raya sudah kebiasaan banyak orangnya, jadi selalu siap, seperti parkirnya juga sudah siapkan,” kata Sabran, kaum Masjid Pusaka Banua Lawas.

Pada momen Lebaran tahun ini, pihak pengelola memastikan akan ada 500 wisatawan yang datang dalam sehari, baik ingin berkunjung maupun berziarah di area Masjid Pusaka Banua Lawas.

Baca Juga  Konsultasikan Soal Program BSPS Melalui APBN, Komisi III Temui Jajaran Kementerian PUPR

Di masjid ini, para pengunjung dapat melihat sejumlah benda pusaka seperti pataka, tombak, hingga tajau atau guci yang diperkirakan telah berusia 400 tahun. Selain itu, disamping masjid juga terdapat makam tokoh pejuang Banjar, Penghulu Rasyid.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment