Inovasi Jempol Ibu Permudah Pengusaha Miliki NIB

by tabalong hari ini
0 comment

Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani, meluncurkan inovasi jemput bola pelayanan perizinan berusaha atau Jempol Ibu, yang digagas Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Tabalong, pada Senin 31 Oktober 2022, di Mal Pelayanan Publik Mabuun. Inovasi ini diluncurkan untuk mempermudah pelaku usaha, mengajukan permohonan kepemilikan nomor induk berusaha melalui sistem online single submission.

Kepala DPMPTSP Tabalong, Suryanadie memaparkan, saat ini baru 18 persen atau 1872 UMKM yang sudah memiliki NIB, dari total 10 ribu 365 UMKM di Tabalong. Sehingga, DPMPTSP Tabalong berinisiatif memberikan layanan jemput bola ke tingkat kecamatan, kelurahan, dan desa. Pelayanan akan diberikan pada hari libur, sabtu, dan Minggu, sehingga tidak mengganggu layanan rutin di kantor.

“Adapun manfaat dari inovasi ini diantaranya adalah untuk memudahkan warga khususnya UMKM untuk mendapatkan NIB, dengan demikian ada efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Diharapkan dalam kurun waktu 1-2 tahun ke depan semua UMKM telah memiliki NIB yang masa berlakunya seumur hidup, sepanjang usahanya tetap berjalan,” terangnya.

Pada kesempatan ini, turut dilakukan penandatanganan MOU percepatan inovasi Jempol Ibu antara Kepala DPMPTSP Tabalong, dengan Kepala Disperindagkop UKM Tabalong, serta masing-masing satu orang perwakilan camat, lurah, kepala desa wilayah tengah, utara, dan selatan Tabalong. Penandatanganan MOU ini disaksikan Bupati Tabalong, dan Ketua DPRD Tabalong.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment