Home Tabalong Hari IniHaji Tabalong Seluruh Jamaah Haji Tabalong Penuhi Syarat Istitha’ah Kesehatan

Seluruh Jamaah Haji Tabalong Penuhi Syarat Istitha’ah Kesehatan

by tabalong hari ini
0 comment

Ratusan jamaah haji Tabalong tahun 2023 dinyatakan memenuhi syarat istitha’ah kesehatan untuk keberangkatan haji, namun dengan pendampingan obat. Mereka pun diimbau agar memperhatikan obat yang akan dibawa selama perjalanan haji serta meminumnya secara rutin sesuai dosis yang diberikan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan kebugaran jamaah haji Tabalong selama 4 hari, dari tanggal 15 sampai dengan 17 Mei 2023 dan 23 Mei 2023, di wilayah utara, selatan, dan tengah Tabalong, seluruh jamaah yang berjumlah 435 orang memenuhi syarat istitha’ah atau dinyatakan mampu melaksanakan ibadah haji dari segi kesehatan fisik dan mental.

Namun, dari 435 jamaah ini, ratusan di antaranya memenuhi syarat istitha’ah dengan pendampingan, yaitu 82 jamaah dengan pendampingan obat, 65 jamaah dengan pendampingan obat dan alat bantu, serta 4 jamaah menggunakan kursi roda.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Tabalong, Budi Gunawan, saat ditemui di ruang kerjanya pada Kamis, 25 Mei 2023, mengatakan bahwa ratusan jamaah yang memenuhi syarat istitha’ah dengan pendampingan sudah menerima resep obat dari tim kesehatan serta terdata oleh dokter dan perawat pendamping ke Arab Saudi.

“Jadi kita membawa obat ini harus dengan ada surat. Nanti ketahuan siapa saja yang membawa surat, kalau tidak ada surat nanti akan ditahan di embarkasi.” ujar Budi Gunawan, Kasi Surveilans & Imunisasi Dinkes Tabalong

Baca Juga  Berada di Lokasi Terpencil, Lebih Dari 200 Rumah di Dusun Meho Akan Nikmati Aliran Listrik

Budi pun mengimbau para jamaah haji yang dinyatakan istitha’ah secara bersyarat dengan pendampingan agar meminum obatnya secara rutin sesuai dosis yang diberikan, sehingga lebih khusyuk dan lancar selama melaksanakan ibadah haji.

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment