Home Tabalong Hari IniPendidikan Gelar Karya P5, PKWU Seni Budaya, dan Launching Maskot Smanduta Bersinar

Gelar Karya P5, PKWU Seni Budaya, dan Launching Maskot Smanduta Bersinar

by tabalong hari ini
0 comment

SMA Negeri 2 Tanjung melaksanakan Gelar Karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Prakarya dan Kewirausahaan, serta Seni Budaya bagi siswa-siswi SMA Negeri 2 Tanjung pada Sabtu, 27 Mei 2023.

Pelaksanaan Gelar Karya ini dihadiri Ketua Komite SMA Negeri 2 Tanjung, Rini Irawanty, Kepala Sekolah SMA yang ada di Tabalong, jajaran tenaga pendidik SMA Negeri 2 Tanjung, dan tamu undangan lainnya.

Gelar Karya ini mengusung tema “Merintis Jiwa Interpreneur yang Kreatif dan Inovatif dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika”.

Gelar Karya ini diawali dengan pertunjukan penampilan tarian kolosal oleh 296 orang siswa-siswi kelas 10 SMA Negeri 2 Tanjung.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh siswa-siswi kelas 10 dan 11 SMA Negeri 2 Tanjung, pasalnya ini merupakan bentuk apresiasi dari SMA Negeri 2 Tanjung terhadap ekspresi atau karya-karya yang telah dihasilkan anak didik melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), serta Seni Budaya yang ditampilkan pada Gelar Karya ini.

Kepala SMA Negeri 2 Tanjung, Hamsyarudin, menuturkan bahwa untuk kegiatan P5 dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi kelas 10, sedangkan untuk PKWU dilaksanakan oleh seluruh siswa-siswi kelas 11. Proyek atau pembelajaran ini merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka.

“Kalau kelas 10 wajib mengikuti program IKM, yaitu melaksanakan P5, sedangkan kelas 11 itu PKWU adalah mapel wajib yang terimplementasi secara implisit didalam mapel kewirausahaan, dan maknanya itu adalah anak-anak digembleng jiwa-jiwa kewirausahaan dan meningkatkan nilai-nilai kebaikan sesuai karakter moral pendidikan Pancasila. Kalau kita zaman dahulu, sekarang itu adalah peningkatan karakter nilai-nilai Pancasila yang ditanamkan melalui kegiatan P5 tadi,” ujar Hamsyarudin, Kepala SMA Negeri 2 Tanjung.

Baca Juga  Ahmat Harahap Pimpin STIA Tabalong Periode 2023-2027

Selain itu, dalam kesempatan ini SMA Negeri 2 Tanjung juga meluncurkan maskot “Smanduta Bersinar” yang berkarakter baik, multi prestasi, terkenal, dan ramah. Dan diharapkan slogan tersebut dapat dilaksanakan dalam proses belajar mengajar setiap harinya.

(Nova Arianti/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment