Home Tabalong Hari Ini Pemkab: Literasi Digital Upaya Cegah Ketertinggalan Warga dalam Dunia Digital

Pemkab: Literasi Digital Upaya Cegah Ketertinggalan Warga dalam Dunia Digital

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menyambut baik program Indonesia Makin Cakap Digital 2024 yang menyasar masyarakat prasejahtera. Kegiatan ini diharapkan mampu membangun kesadaran pengetahuan masyarakat dalam berinteraksi di ruang digital.

Hal tersebut disampaikan PJ Bupati Tabalong melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong, Pebriadin Hapiz, saat membuka sosialisasi Indonesia Makin Cakap Digital pada Kamis, 25 April 2024, di Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Pebriadin Hapiz menuturkan bahwa program Indonesia Makin Cakap Digital 2024 ini merupakan upaya untuk mencegah ketertinggalan masyarakat Tabalong dalam dunia digital.

Menurutnya, meskipun digitalisasi membuat semua menjadi sangat mudah, namun masyarakat diminta untuk tidak terlena dengan kemudahan yang ada, karena dapat menjadi bumerang untuk diri sendiri.

“Karenanya lewat kemampuan literasi digital yang baik, masyarakat akan mampu memahami, memanfaatkan, serta menciptakan informasi yang tepat dan aman melalui teknologi digital. Dengan begitu, masyarakat dapat memaksimalkan seluruh potensi digital dan juga sekaligus memitigasi atau mencegah berbagai risiko dari kemajuan teknologi tersebut,” ujar Pebriadin Hapiz, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tabalong.

Hapiz menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Tabalong pun akan selalu mendukung program pengembangan SDM talenta digital ini, karena dengan masyarakat yang melek terhadap digitalisasi, tentu akan membantu pembangunan di Kabupaten Tabalong agar berjalan lebih baik lagi.

Diketahui, sosialisasi Indonesia Makin Cakap Digital diikuti sekitar 3900 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH baik secara daring maupun luring.

Baca Juga  Angka Stunting Turun 26,41 Persen, PJ Sekda: Berkat Kolaborasi Bersama

Kegiatan ini merupakan program literasi digital yang dilakukan Kementerian Kominfo melalui PT. Debindo dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia yang memiliki talenta digital sekaligus mendorong penguatan program Smart City Tabalong.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment