Home Tabalong Hari Ini Kadiskominfo: Literasi Digital Upaya Imbangi Cepatnya Penyebaran Informasi

Kadiskominfo: Literasi Digital Upaya Imbangi Cepatnya Penyebaran Informasi

by Muhammad Rais
0 comment

Kepala Diskominfo Tabalong, Muhammad Noor Rifani, menilai program Indonesia Makin Cakap Digital 2024 di Tabalong sangatlah penting. Pasalnya, kegiatan ini diharapkan mampu membuat masyarakat semakin melek digital dan bijak bermedia sosial.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tabalong, Muhammad Noor Rifani, disela-sela sosialisasi Indonesia Makin Cakap Digital pada Kamis, 25 April 2024, di Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan, Kecamatan Murung Pudak.

Rifani menilai kegiatan literasi digital ini sangat penting untuk masyarakat Tabalong, terlebih hampir semua masyarakat telah menggunakan smartphone, sehingga penyebaran informasi sangat cepat dan mudah.

Menurutnya, dengan semakin cepatnya informasi ini, maka masyarakat harus memiliki pengetahuan terhadap informasi digital atau literasi digital, sehingga masyarakat dapat memilih dan memilah berita-berita yang dianggap benar maupun tidak benar di media sosial.

“Dengan memberikan literasi kepada masyarakat sehingga mereka nanti bisa memahami terkait itu kemudian juga mereka juga nanti bisa memilih dan memilah berita-berita yang bisa dianggap benar dan tidak benar. Dan tentu Diskominfo akan terus memantau kegiatan-kegiatan media sosial yang ada di Kabupaten Tabalong dalam rangka tugas fungsi sebagai pembinaan terhadap media sosial ataupun konten-konten yang ada di Tabalong,” ujar Muhammad Noor Rifani, Kepala Diskominfo Tabalong.

Pria yang akrab disapa Haji Fani ini berharap kegiatan tersebut dapat bermanfaat sehingga masyarakat Tabalong dapat lebih bijak dalam menggunakan teknologi digital, dan dapat membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Rincian Gaji Panitia Pengawas Pemilu Pilkada 2024

Diketahui, sosialisasi Indonesia Makin Cakap Digital diikuti sekitar 3900 keluarga penerima manfaat Program Keluarga Harapan atau PKH baik secara daring maupun luring.

Kegiatan ini merupakan program literasi digital yang dilakukan Kementerian Kominfo melalui PT. Debindo dalam upaya peningkatan sumberdaya manusia yang memiliki talenta digital sekaligus mendorong penguatan program Smart City Tabalong.

(Dano Nafarin/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment