Home Tabalong Hari Ini Tabalong Akan Gelar Festival Akbar Padukan Budaya dan Kreatifitas Melalui Nan Sarunai Tabalong Festival 2023

Tabalong Akan Gelar Festival Akbar Padukan Budaya dan Kreatifitas Melalui Nan Sarunai Tabalong Festival 2023

by Muhammad Rais
0 comment

Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 resmi diluncurkan pada Minggu, 15 Oktober 2023, di Duta Mall Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Nan Sarunai Tabalong Festival adalah festival kebudayaan yang mengangkat kekayaan lokal Tabalong dan berbagai daerah di Indonesia. Festival ini merupakan salah satu langkah Pemkab Tabalong dalam menjadikan Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan dengan ibu kota nusantara.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani didampingi Wakilnya Mawardi bersama sejumlah pejabat Provinsi Kalimantan Selatan menabuh alat musik tarbang sebagai tanda peluncuran Nan Sarunai Tabalong Festival tahun 2023. Peluncuran ini diadakan pada 15 Oktober 2023 di Duta Mall Kota Banjarmasin.

Rangkaian Nan Sarunai Tabalong Festival akan berlangsung mulai 24 November hingga 20 Desember 2023, dengan menampilkan berbagai pertunjukan dan lomba. Festival ini mengangkat tema kebudayaan daerah, tidak hanya kebudayaan Tabalong, tetapi juga kebudayaan dari berbagai daerah di Indonesia.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menjelaskan bahwa Nan Sarunai Tabalong Festival 2023 adalah upaya bersama untuk mewujudkan Tabalong sebagai serambi depan Kalimantan Selatan, sekaligus bertujuan saling mengenalkan seni budaya, baik lokal Tabalong Kalimantan Selatan maupun dari daerah-daerah di luar Kalimantan.

“Melalui Nan Sarunai Tabalong Festival ini, kita akan merayakan dan mengangkat keindahan serta keanekaragaman seni budaya ciri khas Kabupaten Tabalong dan Indonesia. Festival ini akan menampilkan berbagai seni budaya lokal dan nasional dari berbagai kabupaten kota di Indonesia.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Baca Juga  Sumiati Dorong Pemdes di Kecamatan Muara Uya Fokus Tangani Stunting

Bupati Anang berharap festival ini dapat membangun persatuan dan kesatuan Tabalong, Kalimantan Selatan, dan Indonesia, serta menjadi ajang untuk memantapkan seni budaya daerah. Melalui kesempatan ini, ia pun mengundang pemerintah kabupaten-kota se-Indonesia untuk berpartisipasi dalam Nan Sarunai Tabalong Festival 2023.

(Gazali Rahman/ TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment