Home Tabalong Hari Ini BRI Cabang Tanjung Tabalong Lakukan Penanaman Pohon di Desa Jaro

BRI Cabang Tanjung Tabalong Lakukan Penanaman Pohon di Desa Jaro

by Muhammad Rais
0 comment

Bank Rakyat Indonesia Cabang Tanjung Tabalong melakukan penanaman pohon di Desa Jaro, Kecamatan Jaro, pada Kamis, 12 Oktober 2023. Penanaman pohon ini dilakukan sebagai wujud peduli lingkungan guna mendukung pemerintah mencapai target non-zero emisi pada tahun 2060.

Program BRI Menanam diinisiasi oleh BRI sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan pengembangan dengan pemberdayaan masyarakat. Aksi ini melibatkan pelaku UMKM yang sejalan dengan komitmen penerapan bisnis yang selaras dengan environmental, social, dan governance.

Melalui Program BRI Menanam, BRI Cabang Tanjung menyediakan bibit pohon pada setiap nasabah yang menerima kredit dari perseroan. Program ini sekaligus menjadi kontribusi BRI dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

Bibit pohon yang dibagikan kali ini berupa bibit jambu air, jambu kristal, dan kelengkeng sebanyak 50 pohon. Bibit-bibit ini ditanam di depan kantor Kepala Desa dan di halaman rumah warga Jaro.

Pimpinan Cabang BRI Tanjung Tabalong, Nur Jonson Arifin, menjelaskan bahwa melalui Program BRI Menanam ini, BRI menargetkan dapat menanam satu koma 7 juta pohon produktif di seluruh wilayah di Indonesia. Aksi ini dilakukan secara bertahap.

“Sejak diluncurkannya program BRI Menanam pada tahun 2022, program ini telah menjangkau seribu 72 desa brilian yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, dengan jumlah bibit sebanyak 400 ribu bibit. Targernya sampai akhir tahun ini adalah sekitar 1,75 juta bibit.” ujar Nur Jonson Arifin, Pimpinan Cabang BRI Tanjung Tabalong

Baca Juga  Exit Meeting BPK Kalsel untuk LKPD Tabalong 2022

Kepala Desa Jaro, Tugimin, mengapresiasi kegiatan BRI Menanam di Desa Jaro karena membantu mewujudkan Desa Jaro yang lebih hijau. Sebagai salah satu sasaran Program BRI Menanam, ia berkomitmen merawat bibit buah yang ditanam di halaman kantornya.

“Insyaallah dengan penanaman ini, karena ini di depan kantor desa, insyaallah nanti dari pihak desa yang akan merawat dan memelihara tanaman ini. Mudah-mudahan tanaman ini akan bermanfaat khususnya bagi warga masyarakat Desa Jaro.” kata Tugimin, Kepala Desa Jaro

Nasabah BRI di area perkotaan dengan lahan pekarangan yang sempit juga dapat mengikuti aksi BRI Menanam, salah satunya dengan mengimplementasikan konsep urban farming, menggunakan metode vertikal hortikultura, vertikal polybag, serta pemanfaatan botol bekas sebagai bentuk meningkatkan lingkungan di perkotaan.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment