Home Editor's Picks Pemkab Tabalong Hadiri Rakerda Program Bangga Kencana Kalsel

Pemkab Tabalong Hadiri Rakerda Program Bangga Kencana Kalsel

by tabalong hari ini
0 comment

Pemkab Tabalong hadiri rapat koordinasi daerah program bangga kencana, yang dilaksanakan BKKBN Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan. Melalui Rakerda ini, diharapkan dapat meningkatkan kolaborasi dan sinergitas pemerintah provinsi, kabupaten, kota se Kalimantan Selatan untuk percepatan penurunan stunting di Kalsel.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, menggelar rapat koordinasi daerah program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana) Provinsi Kalimantan selatan tahun 2023, pada Rabu 15 Februari 2023, di Banjarmasin.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, beserta Dinas Kesehatan Tabalong, DP3AP2KB Tabalong.

Rakerda ini mengangkat tema, bergerak meningkatkan kolaborasi dan sinergitas untuk pencapaian program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di Kalimantan Selatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira.

Dalam sambutan nya, ia menyampaikan bahwa penanganan kasus stunting terus menjadi komitmen bersama seluruh pemerintah provinsi, kabupaten, kota se Kalimantan Selatan. Dan berkat komitmen bersama itulah dari tahun ke tahun angka stunting di Kalimantan Selatan terjadi penurunan yang cukup signifikan.

“Posisi Kalimantan Selatan sendiri kita ketahui bahwa angka stunting di kalimantan selatan berdasarkan data SSGI tercatat sebelum nya adalah 30% namun alhamdulillah pada tahun 2022 ini menjadi 24,6% atau turun sebesar 5,4%. 3 besar tertinggi penurunan nya di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga  DPRD Tabalong Minta Keberangkatan CJH Tabalong Terus Dimatangkan

Nurul Fajar Desira menambahkan, capaian tersebut tidak lepas dari upaya dan kerja keras pemerintah provinsi beserta seluruh pemerintah kabupaten kota hingga tingkat desa, yang didukung kerjasama dan kolaborasi dengan kementerian maupun lembaga terkait. Disamping itu Pemerintah Provinsi Kalsel terus upaya untuk menurunkan angka stunting di Kalimantan Selatan, hingga mencapai target nasional yakni 14 % di Tahun 2024 mendatang.

Pada kegiatan ini juga turut dilaksanakan penyerahan dana alokasi khusus oleh Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Republik Indonesia, kepada Wakil Walikota Banjarbaru, Bupati Tabalong, dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Tim Liputan Prokopim Setda Tabalong

Related Articles

Leave a Comment