DKPPTPH Tabalong Ajak Petani Optimalkan Rawa Lebak

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Ketahanan Pangan Perikanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Tabalong, mendorong petani untuk mengoptimalkan rawa lebak, sebagai lahan pertanian padi. Pasalnya Tabalong memiliki rawa lebak seluas 5 ribu 684 hektar, yang berpotensi ditanami padi saat musim kemarau.

Kepala DKPP TPH Tabalong Mohamad Mugeni menuturkan, pihaknya siap memfasilitasi petani untuk mengoptimalkan rawa lebak mereka. Seperti menyediakan benih, hingga memberikan penyuluhan dan bimbingan bagi para petani.

“Dalam rangka mendorong pemanfaatan secara optimal ya terhadap lahan lebak kami selalu memberikan penyuluhan, memberikan bimbingan bahkan juga kami sediakan benih kalau nya para petani tidak punya benih dan kami juga berharap pada semua penyuluh koordinator BPP ditiap kecamatan dan penyuluh ditiap desa selalu memantau dan selalu mengajak para petani untuk segera tanam padi, karena yang kita ketahui bahwa apa yang diwanti-wanti oleh bapak presiden saat ini kita khawatir dengan kondisi rawan ketahanan pangan dan rawan energy,” tutur Mugeni

Dengan memanfaatkan rawa lebak sebagai lahan pertanian, Mugeni meyakini dapat meningkatkan produktivitas padi Tabalong. Kabupaten Tabalong memiliki 4 tipe lahan sawah, yakni sawah rawa lebak, sawah tadah hujan, sawah pegunungan, dan sawah irigasi. Sehingga jika 4 tipe lahan sawah tersebut dimanfaatkan secara optimal, Tabalong dapat menjadi penyangga pangan Ibu Kota Nusantara.

(Nova Arianti, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment