Vitamin dan Mineral Untuk Jaga Kondisi Tubuh Saat Musim Penghujan

by tabalong hari ini
0 comment

Saat musim penghujan seperti ini tubuh memerlukan asupan khusus untuk tetap bisa bekerja optimal dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Pasalnya saat hujan melanda sistem imun tubuh akan sedikit terganggu dan memerlukan waktu beradaptasi dengan cuaca dingin.

Nutrisionis Dinas Kesehatan Tabalong, Catur Yudha Martopo mengatakan, untuk meningkatkan imun tubuh diperlukan vitamin dan mineral yang berfungsi meningkatkan imun dengan maksimal. Baik vitamin yang larut di air maupun vitamin yang larut di lemak, khususnya untuk vitamin yang membantu tubuh terhindar dari penyakit umum musim hujan seperti flu dan batuk.

Yudha juga menjelaskan vitamin tersebut mudah didapat, salah satunya dengan menerapkan pola makan isi piringku. Setengah piringnya terdiri dari 2 per 3 makanan pokok, sepertiga lauk-pauk, dan setengahnya lagi adalah sayuran dan buah dengan 2 per 3 sayur dan sepertiga buah.

“Misalnya contohnya vitamin a kemudian vitamin d terkadang vitamin d sendiri itu bisa di dapatkan secara langsung dari matahari kemudian ada vitamin e dan juga misalnya vitamin b dan c jadi disini selain vitamin juga perlu mineral-mineral misalnya zat besi atau kemudian yang sering bisa menyebabkan anemia kekurangannya kemudian zink kemudian zink itu juga baik untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak” jelas Yudha.

Yudha menambahkan, selain mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang tepat, untuk membentuk imunitas tubuh yang kuat juga diperlukan beberapa hal lainnya seperti olahraga yang cukup kurang lebih 3 kali dalam minggu, istirahat yang cukup setiap harinya, mengelola stres dengan baik serta penuhi cairan tubuh dengan tepat. Seperti anjuran kementerian kesehatan yaitu cerdik singkatan dari cek kesehatan secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin berolahraga dan beraktivitas fisik, diet seimbang, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment