Home Tabalong Hari Ini Karya Bakti TNI di Tabalong Masuk Tahap Pembukaan Akses Jalan

Karya Bakti TNI di Tabalong Masuk Tahap Pembukaan Akses Jalan

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah daerah bersama dengan Kodim 1008 Tabalong telah memulai kegiatan Karya Bakti TNI yang berada di wilayah utara Kabupaten Tabalong. Hingga saat ini, pekerjaan sudah mencapai tahap pembukaan akses jalan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penataan dan Kerjasama Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Tabalong, Zul Khaidir, saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Zul Khaidir menjelaskan bahwa program Karya Bakti TNI di 3 kecamatan sudah masuk tahap pembukaan jalan.

Adapun jalan yang sudah dibuka tersebut yakni jalan desa Uwie menuju desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya, jalan desa Nawin menuju desa Ribang, dan jalan dari desa Muang menuju desa Nalui Kecamatan Jaro.

Lebih lanjut ia menjelaskan, saat ini pihaknya melakukan penyelesaian pembangunan secara bertahap. Penyelesaian pertama ditargetkan akan selesai di desa Nawin menuju desa Ribang pada akhir triwulan pertama atau pada bulan April mendatang.

Usai pembukaan jalan, nantinya pekerjaan akan dilanjutkan dengan pembangunan siring dan pengerasan jalan, serta pembangunan jembatan.

“Kalau untuk jalan sudah terbuka akses kalan sudah terbuka, tinggal untuk progress seperti di Ribang Nawin itu tinggal pembuatan jembatan dan penyiringan sama seperti di desa simpung layung dan menuju ke Uwie itu tinggal penyiringan,” ungkap Zul Khaidir, Kabid Penataan dan Kerjasama Desa DPMD Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Pendataan Sensus Pertanian di Wilayah Selatan Tabalong

Zul Khaidir menambahkan, pembukaan akses jalan tidak dapat dilakukan secara serempak lantaran terbatasnya alat berat yang ada.

Sehingga, pengerjaan dilakukan secara bertahap dan kemungkinan akan berlangsung hingga anggaran perubahan tahun 2024 mendatang.

Diketahui, untuk mendukung program Karya Bakti TNI, Pemkab Tabalong telah mengalokasikan anggaran sekitar 8,9 miliar rupiah melalui APBD tahun 2024.

Anggaran tersebut ditujukan bagi 3 lokasi pekerjaan, yaitu pembuatan jalan desa Nawin menuju desa Ribang sepanjang 2 km dan lebar 6 meter dengan pagu anggaran sebesar 2 miliar 189 juta rupiah, pembuatan jalan desa Uwie menuju desa Simpung Layung Kecamatan Muara Uya sepanjang 4 km dan lebar 6 meter dengan pagu anggaran sebesar 1 miliar 813 juta rupiah, serta pembuatan jalan desa Muang menuju desa Nalui Kecamatan Jaro sepanjang 2 kilometer dan lebar 6 meter dengan pagu anggaran sebesar 4,9 miliar rupiah.

Selain dukungan Pemkab Tabalong, pada tahun 2024 program Karya Bakti TNI juga turut didukung melalui anggaran TMMD Provinsi Kalsel. Anggaran sebesar 3,8 miliar rupiah dialokasikan untuk pembuatan jalan desa Kasiau Raya menuju desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak sepanjang 2 kilometer dan lebar 6 meter.

(Maria Ulfah, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment