Home Tabalong Hari Ini Pemkab Tabalong: Kampung KB Desa Harus Dapat Jadi Contoh Desa Lain

Pemkab Tabalong: Kampung KB Desa Harus Dapat Jadi Contoh Desa Lain

by Muhammad Rais
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong mengapresiasi Kampung KB Desa Harus yang berhasil masuk 5 besar nominasi Kampung KB terbaik se-Kalsel. Melalui hasil ini, Desa Harus diharapkan mampu menjadi contoh bagi desa lain.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Bupati Tabalong melalui Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan, Syaiful Ikhwan, dalam sambutannya saat menerima tim verifikasi lapangan lomba Kampung KB tingkat Provinsi Kalimantan Selatan pada Selasa, 26 Maret 2024.

Syaiful mengapresiasi Kampung Keluarga Berkualitas Sejoli Desa Harus Kecamatan Muara Harus, yang berhasil mewakili Tabalong dan masuk dalam 5 besar nominasi hasil penilaian website Kampung Keluarga Berkualitas pada penilaian Kampung KB tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurutnya, Desa Harus dapat menjadi contoh inspirasi bagi desa-desa lain di Muara Harus maupun di Kabupaten Tabalong.

“Dengan adanya lomba Kampung KB ini, kami berharap tujuan penguatan dan apresiasi pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Tabalong dapat tercapai. Hal ini juga merupakan bentuk dari komitmen pemerintah daerah merujuk pada Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas. Maka perlu dilakukan penguatan, komitmen, dan penkoordinasian langkah tindak lanjut yang terintegrasi dan konvergen untuk mengakselerasi pencapaian agenda pemerintah dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui penguatan pranata keluarga,” kata Syaiful Ikhwan, Staf Ahli Bupati Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan.

Sementara itu, kepala Perwakilan BKKBN Kalsel Ramlan mengatakan, penilaian kampung kb merupakan pilot project dari pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat ditingkat desa. Ia berharap melalui berbagai inovasi yang diterapkan, Kampung KB desa harus mendapat hasil yang optimal.

Baca Juga  294 P3K Guru Lulus Seleksi, BKPSDM: Semua Kewenangan Kemendikbud

“Di desa harus ini saya yakin berbagai inovasi sudah disampaikan oleh pak camat, maupun kepala desa, karena untuk kategori lomba selain daripada yang biasa ini dinilai, inovasinya nanti yang menonjol kira kira apa, ternyata disini saya terkejut juga, ada 10 inovasinya, luar biasa. Jadi Kabupaten Tabalong ini wajar kalau seandainya juara, semoga pak ya bisa juara,” ujar Ramlan, Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel.

Diketahui sejak tahun 2017 hingga tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Tabalong yang diinisiasi oleh Dinas P3AP2KB Tabalong telah mencanangkan 24 Kampung KB yang tersebar di 12 kecamatan.

Pada tahun 2023, dalam rangka melaksanakan amanat Inpres Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB, Bupati Tabalong melalui Surat Keputusan Nomor 35 Tahun 2023 telah menetapkan semua desa di Kabupaten Tabalong sebagai Kampung Keluarga Berkualitas.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment