Home Tabalong Hari Ini Desa Harus Masuk Top 5 Terbaik Kampung KB Tingkat Provinsi Kalsel

Desa Harus Masuk Top 5 Terbaik Kampung KB Tingkat Provinsi Kalsel

by Muhammad Rais
0 comment

Tim Verifikasi Lapangan Penilaian Kampung KB Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan mengunjungi Kampung Keluarga Berkualitas Sejoli Desa Harus Kecamatan Muara Harus pada Selasa, 26 Maret 2024.

Mewakili Kabupaten Tabalong, Desa Harus Kecamatan Muara Harus dilakukan penilaian dan verifikasi lapangan pada lomba Kampung KB tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Kampung Keluarga Berkualitas Sejoli Desa Harus Kecamatan Muara Harus menjadi salah satu dari 5 desa yang dilakukan penilaian.

Kepala Desa Harus, Rahmani, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kampung KB Sejoli Desa Harus yang dicanangkan pada 9 Oktober 2018 ini dijadikan sebagai titik sentral mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam perkembangannya sejak dicanangkan menjadi Kampung KB, Desa Harus yang dulunya sebelum dicanangkan masih berpredikat desa berkembang, saat ini sudah mendapatkan predikat desa mandiri pada tahun 2023 berdasarkan Indeks Desa Membangun. Terjadinya peningkatan penggunaan KB modern yang mana merupakan dampak positif dari banyaknya penyuluhan yang dilakukan baik itu dari penyuluh KB, maupun kader KB desa dan menurunnya angka pernikahan dini pada remaja,” ujar Rahmani, Kades Harus.

Sementara itu, Camat Muara Harus, Rudi Noor Erwan, menyampaikan bahwa terpilihnya Kampung KB Sejoli Desa Harus sebagai perwakilan Kabupaten Tabalong sangat dibanggakan oleh pihak kecamatan. Hal ini menjadi tolak ukur dalam mengembangkan dan mensukseskan Kampung KB serta membangun desa secara maksimal.

Baca Juga  Bebaskan Tabalong dari Rabies, Disbunnak Akan Tekan Populasi Anjing Liar

“Dipilihnya Kampung KB Desa Harus Kecamatan Muara Harus sebagai perwakilan desa Kabupaten Tabalong sangat kami syukuri dan banggakan, karena dapat kami jadikan tolak ukur sekaligus motivasi bagi kami dalam mengembangkan dan mensukseskan Kampung KB serta membangun desa secara maksimal di Kecamatan Muara Harus,” ujar Rudi Noor Erwan, Camat Muara Harus.

Dihadapan tim penilai, pihak desa dan kecamatan juga menyampaikan prestasi yang sudah diraih Kampung KB tersebut, di antaranya Terbaik 1 Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tabalong, Terbaik 1 Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, pencapaian predikat sebagai Desa ODF, kontribusi terhadap pendapatan daerah untuk kategori Pajak Bumi dan Bangunan Terbaik 3 se Kabupaten Tabalong, pencapaian predikat Desa Mandiri, serta peraih penghargaan Proper Emas dari PT Adaro Indonesia.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment