Home Tabalong Hari Ini Pelunasan Biaya Haji Berakhir, 657 Jamaah Haji Tabalong Lunasi BIPIH

Pelunasan Biaya Haji Berakhir, 657 Jamaah Haji Tabalong Lunasi BIPIH

by Muhammad Rais
0 comment

Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji atau BIPIH tahap kedua bagi jamaah haji reguler asal Tabalong tahun 2024 resmi ditutup. Sebanyak 657 jamaah haji dilaporkan telah melunasi BIPIH.

Pelunasan biaya perjalanan ibadah haji di tahap kedua di Kabupaten Tabalong telah berakhir pada tanggal 26 Maret 2024 yang lalu.

Total ada sebanyak 657 jamaah haji reguler dari Kabupaten Tabalong yang telah melakukan pelunasan BIPIH di tahap satu dan kedua.

Berdasarkan data dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tabalong, ada sebanyak 610 jamaah haji yang telah melunasi BIPIH di tahap pertama. Sedangkan pada tahap kedua, dari 50 jamaah haji yang diusulkan melunasi BIPIH, sebanyak 47 jamaah haji telah melakukannya, sedangkan 3 orang lainnya memilih menunda keberangkatan.

Kepala Seksi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Tabalong, Nabhan Fansuri, menuturkan bahwa 3 orang tersebut memilih menunda keberangkatan haji dikarenakan berbagai macam alasan, salah satunya terkait kesehatan.

“Belum selesai pemeriksaan kesehatannya, kemudian ada juga yang karena salah satu dari pasangannya itu yaitu suami beliau tidak istitaah, tidak bisa melunasi kemarin di tahap satu dan di tahap dua juga tidak bisa melunasi, maka istri beliau itu tidak melakukan pelunasan juga di tahap kedua ini,” ujar Nabhan Fansuri, Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Tabalong.

Baca Juga  12 Kelompok Tani Wanita di Tabalong Bakal Terima Bantuan Dana

Nabhan Fansuri menambahkan bahwa dengan berakhirnya masa pelunasan BIPIH, ia meminta seluruh jamaah haji asal Tabalong untuk terus mempersiapkan diri baik secara fisik maupun rohani.

Diketahui, setelah Hari Raya Idul Fitri, Kemenag Tabalong akan melakukan pembinaan sekaligus manasik haji massal bagi jamaah haji baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment