Home Tabalong Hari Ini Maulid Makan Batalam Jadi Ajang Pelestarian Tradisi Masyarakat

Maulid Makan Batalam Jadi Ajang Pelestarian Tradisi Masyarakat

by Muhammad Rais
0 comment

Tradisi peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang diisi dengan tradisi Makan Batalam mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan Banua Lawas. Melalui kegiatan ini, diharapkan menjadi momen pelestarian tradisi lokal masyarakat.

Dukungan tersebut diungkapkan oleh Camat Banua Lawas, Fariduddin, yang turut hadiri tradisi Maulid Makan Batalam yang digelar oleh warga Desa Hapalah pada Kamis, 28 September 2023 lalu.

Fariduddin mengapresiasi tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat hingga saat ini. Terlebih lagi, tradisi Makan Batalam merupakan salah satu bentuk gotong royong yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Farid berharap agar tradisi ini terus dilanjutkan, pasalnya kegiatan ini sangat bermanfaat bagi sirkulasi di masyarakat, karena salah satu manfaat besar yang terkandung di dalam kegiatan ini adalah silaturahmi yang cukup erat.

“Kepada masyarakat kami mengharapkan kegiatan ini terus dilanjutkan, karena ini sangat bermanfaat bagi sirkulasi di masyarakat, karena kegiatan ini, silaturahmi antarwarga sangat terjalin, kemudian juga kegiatan ini juga memupuk kebersamaan antara penduduk dimana lokasi makan BATALAM itu dilaksanakan,” kata Fariduddin, Camat Banua Lawas.

Sementara itu Kepala Desa Hapalah Anang Acil mengatakan di Desa Hapalah sendiri memiliki 8 RT, dimana di setiap RT dibagi untuk pelaksanaan Maulid Batalam ini dan salah satunya Langgar Jamiul Kiram yang menjadi pelaksana terakhir Maulid Makan Batalam.

Baca Juga  Kenakan Pakaian Adat, Peringatan HAB Kemenag Tabalong Sampaikan Pesan Kesatuan

“DI HAPALAH itu terdiri dari 8 rt ada 3 karyah yang melaksanakan, hari ini adalah hari terakhir, kemaren sudah ada 2 langgar yang melaksanakan dan hari ini adalah hari yang terakhir yang kita melaksanakan di langgar jamiul KIRAM, ada langgar darunnajah itu sudah, langgar hayatul ikhawan juga sudah, ini jamiul KIRAM yang terakhir” ujar Anang Acil.

Anang Acil menambahkan bahwa meskipun pelaksanaan Maulid dibagi di 3 tempat, warga Hapalah tetap saling membantu untuk kelancaran acara tersebut.

Dalam Maulid Makan Batalam ini, sebanyak 216 talam yang berisikan lauk 1 ekor itik, nasi, dan sayur disuguhkan untuk ribuan masyarakat yang hadir. Talam-talam makanan tersebut merupakan sumbangan dari warga Desa Hapalah.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment