Perubahan Cuaca, Pasien Anak Meningkat di RS HBK Maburai

by tabalong hari ini
0 comment

Dalam beberapa pekan terakhir, jumlah pasien anak di RSUD Haji Badaruddin Kasim mengalami peningkatan, yang signifikan. Pasien anak ini didominasi 3 penyakit yang banyak menyebar di musim penghujan seperti saat ini, seperti demam berdarah, diare dan pneumonia.

Salah satu faktor meningkatnya kasus ini adalah perubahan cuaca ke musim penghujan. Meski terjadi peningkatan kasus, namun pergantian pasien terjadi dengan cepat. Sehingga ketersediaan kamar bagi pasien anak masih terkendali. Hal ini dijelaskan dokter spesialis anak di RSUD Haji Badaruddin Tanjung, dokter Lenny.

“Kapasitas ruangan masih bisa, karena di sini mempunyai sekitar 28 bed sampai 30 bed, insya Allah ruangan anak di RSUD Badaruddin masih bisa menampung jumlah pasien yang ada, cuman dalam beberapa bulan terakhir ini, jumlah pasiennya memang lumayan meningkat karena turn over pasien itukan cepat, kalau system imun nya bagus anaknya bergizi baik rata-rata cepat sembuh, jadi tidak lama perawatan nya,” dr. Lenny S. Hafiz, Dokter Spesialis Anak RSUD HBK.

Dengan adanya peningkatan pasien anak di RSUD Haji Badaruddin Kasim, Dokter Lenny pun berpesan kepada masyarakat Tabalong, khususnya kepada para orang tua anak untuk menjaga kesehatan anak. Seperti melengkapi imunisasi, memberikan suplemen makanan tambahan, memastikan anak beristirahat dengan cukup, serta mengurangi makanan berminyak maupun es pada anak.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment