Home Tabalong Hari Ini Makan Batalam Jadi Tradisi Warga Desa Hapalah Sambut Maulid Nabi

Makan Batalam Jadi Tradisi Warga Desa Hapalah Sambut Maulid Nabi

by Muhammad Rais
0 comment

Sebagai rasa cinta dan kasih kepada Baginda Nabi Besar Muhammad SAW, warga Desa Hapalah kembali melaksanakan Maulid Nabi pada Kamis, 29 September 2023. Berbeda dengan daerah lain, Maulid Nabi di sini diisi dengan tradisi Makan Batalam.

Pelaksanaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dilaksanakan oleh warga Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas, di Langgar Jami’ul Kiram, sedikit berbeda dengan daerah lain, pelaksanaan Maulid di wilayah selatan Tabalong ini turut diisi dengan tradisi Makan Batalam. Sebanyak 216 talam yang berisikan lauk 1 ekor itik, nasi, dan sayur disuguhkan panitia untuk ribuan masyarakat yang hadir.

Makan Batalam digelar sebagai penutup kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Salah satu panitia penyelenggara Makan Batalam, Dahli, menjelaskan bahwa kegiatan makan batalam rutin dilaksanakan di Desa Hapalah dalam rangka perayaan Maulid sebagai bentuk rasa cinta dan kasih kepada Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, melalui momen Maulid ini, masyarakat juga menjadikannya sebagai ajang untuk merekatkan silaturahmi, gotong royong, dan nilai-nilai sosial.

“kami sebelumnya mendatangi atau mendata per rumah berapa kemampuan mereka ikut membantu panitia, nah ada yang 2 ada yang 1 ada yang 3 ada yang 4 bahkan ada yang sampai 5-6 ada jadi tergantung niat dan kemampuan” ujar Dahli.

Dahli berharap melalui kegiatan ini, masyarakat Desa Hapalah terus kompak dan rukun, khususnya dalam menyelenggarakan kebajikan dan kebaikan.

Baca Juga  JIKAMAKA Tabalong Buka 34 Program Pelatihan di Tahun 2024

Pelaksanaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebelumnya turut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Zainuddin. Dalam ceramahnya, Ustadz Zainuddin menyampaikan berbagai sifat dan tauladan Nabi Muhammad SAW yang patut ditiru oleh masyarakat, seperti sifat berkasih sayang dengan sesama hingga keutamaan salat berjamaah.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment