Home Editor's Picks UPBS di Tabalong Akan Terima Insentif & Uang Makan dari Pemda

UPBS di Tabalong Akan Terima Insentif & Uang Makan dari Pemda

by tabalong hari ini
0 comment

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong memastikan unit penanggulangan bencana swadaya atau UPBS yang ada di Tabalong akan terima insentif dari Pemerintah Daerah. Insentif ini rencananya akan disalurkan dalam waktu dekat.

Kepastian tersebut diungkapkan langsung Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tabalong, Zahirsyah Manuar, saat rapat evaluasi bersama Komisi III DPRD Tabalong, Senin 20 Maret 2023.

Zahir menyebutkan sebelumnya ditahun 2022 pemberian insentif bagi UPBS se-Tabalong tidak terakomodir, sehingga ditahun ini kembali diusulkan dan masuk dalam program kegiatan BPBD Tabalong tahun 2023.

Terdapat 32 UPBS se-Tabalong yang akan diberikan insentif oleh Pemerintah Daerah. Selain insentif, ke 32 UPBS ini juga akan mendapatkan uang makan-minum. Zahir memastikan kegiatan ini akan segera direalisasikan secepatnya ditahun ini, pasalnya Pemerintah Daerah juga sudah melakukan penandatanganan MOU bersama UPBS se-Tabalong.

“Jadi Alhamdulillah pada tahun 2023 itu sudah kita anggarkan untuk insentif kawan-kawan UPBS yang ada di Tabalong, ada 32 UPBS yang kami berikan nanti dan untuk makan minumnya juga kami berikan untuk ke-32 UPBS tersebut, yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Tabalong” Zahirsyah Manuar, Kepala BPBD Tabalong.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Noor Farida, mengaku sangat mendukung adanya pemberian insentif bagi UPBS yang ada di Tabalong. Pasalnya menurutnya, UPBS merupakan ujung tombak jika terjadi bencana di Tabalong.

Baca Juga  SDIT An-Nahl Kukuhkan 86 Siswa Kelas 6

“Untuk ditahun 2023, apa-apa yang tidak mereka capai persentase yang diharapkan ditahun 2022 itu mereka masukkan ke dalam 2023, dan ini merupakan salah satu kerja lanjutan dari BPBD sendiri, kami dari Komisi 3 sebenarnya sangat mendukung, mereka adalah merupakan ujung tombak juga jika terjadi bencana di Kabupaten Tabalong” ujar Noor Farida, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Diketahui, besaran insentif yang akan diberikan sebesar 150 ribu rupiah per orang setiap bulannya, dan masing-masing UPBS mendapat jatah 10 orang. Sedangkan untuk biaya makan-minum, setiap UPBS akan menerima bantuan sebesar 1 juta 500 ribu rupiah per bulan.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment