Home Tabalong Hari IniKesehatan Mulai 6 Juni 2023, Vaksin Indovac Tersedia di Tabalong

Mulai 6 Juni 2023, Vaksin Indovac Tersedia di Tabalong

by tabalong hari ini
0 comment

Pemerintah Kabupaten Tabalong menerima ratusan dosis vaksin jenis Indovac dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Vaksin ini nantinya akan ditujukan untuk vaksinasi booster kesatu dan kedua.

Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, yang ditemui usai apel gabungan Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Senin, 5 Juni 2023, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan, Kecamatan Murung Pudak, menyebutkan bahwa saat ini tersedia 30 vial atau 300 dosis vaksin jenis Indovac di Kabupaten Tabalong.

Dokter Taufiq menjelaskan bahwa vaksin jenis Indovac ini dapat digunakan sebagai booster untuk vaksin jenis Pfizer, AstraZeneca, Sinovac, dan Moderna.

Ia pun mengimbau, khususnya kepada masyarakat yang sudah divaksin booster pertama, agar melakukan vaksinasi booster kedua. Pasalnya, imunitas vaksin booster pertama hanya efektif selama enam bulan.

“Karena terus terang batasnya dari booster pertama sudah hampir 6 bulan ya, tentu imunitas itu harus ditingkatkan lagi dengan melakukan booster kedua ini. (Kalo lewat dari waktunya pak?) Nah, artinya nanti kurang efektif vaksinnya ya, kekebalan imun yang diciptakan akan kurang efektif apabila melewati batas waktu untuk booster,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie, Kepala Dinas Kesehatan Tabalong.

Vaksinasi menggunakan vaksin jenis Indovac mulai dilaksanakan pada Selasa, 6 Juni 2023, di Covid Center Tanjung atau RSUD Usman Dundrung. Selain itu, ketersediaan vaksin ini juga dapat dikonfirmasi ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga  Harga Cabai Merah dan Tiung Naik di Pasar Tanjung

(Alfi Syahrin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment