Home Tabalong Hari IniPeternakan Jelang Idul Adha, Disbunnak Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Mencukupi

Jelang Idul Adha, Disbunnak Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Mencukupi

by tabalong hari ini
0 comment

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah, Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong memastikan ketersediaan ratusan sapi dan kambing di Tabalong akan mampu memenuhi kebutuhan kurban di seluruh kecamatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Soleh, saat menjadi pembina apel gabungan lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong pada Senin, 5 Juni 2023, di halaman Pendopo Bersinar Pembataan.

Dihadapan ratusan ASN Pemkab Tabalong, Soleh menjelaskan bahwa saat ini terdapat sebanyak 1.118 hewan kurban di tingkat peternak dan penyedia di Tabalong, yang terdiri dari 838 ternak sapi dan 280 ekor kambing.

Jumlah tersebut dinilai Soleh bakal mencukupi kebutuhan sapi kurban di Tabalong, pasalnya jumlah tersebut tidak berbeda jauh dari data hewan kurban tahun 2022 yang terdiri dari sapi 914 ekor dan kambing 47 ekor.

Selain itu, Soleh mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tabalong untuk tidak melakukan penyembelihan hewan kurban di sembarang tempat, lantaran dapat menimbulkan bau tidak sedap dan dapat menjadi sumber penyakit bagi masyarakat.

“Jangan sembarangan memotong hewan, seperti di pemukiman, tengah-tengah pemukiman, maupun di halaman masjid, karena ini akan mengganggu kesehatan terutama nanti akan menimbulkan bau yang tidak sedap dipasca melakukan penyembelihan, nah ini diharapkan bapak ibu bisa melakukan di tanah kosong maupun agak jauh dari pemukiman, jadi supaya aman tidak mengganggu kesehatan masyarakat,” ujar Soleh, Kepala Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Meriahkan Muktamar Melayu-Banjar, Diskopukmperindag Gelar Mini Expo

Soleh juga mengimbau masyarakat untuk melakukan penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan Disbunnak Tabalong, pasalnya dengan memotong hewan di RPH maka keamanan dan kesehatan daging kurban akan terjamin.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment