Home Editor's Picks Kabut Asap Selimuti Tabalong, Dinkes: Imbau Masyarakat Gunakan Masker

Kabut Asap Selimuti Tabalong, Dinkes: Imbau Masyarakat Gunakan Masker

by Muhammad Rais
0 comment

Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Pasalnya, kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan dan lahan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tabalong, Dokter Taufiqurrahman Hamdie, saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa, 3 Oktober 2023.

Taufiq menjelaskan bahwa kabut asap yang terjadi di Tabalong beberapa hari terakhir akibat limbahan dari daerah lain harus diantisipasi oleh masyarakat. Pasalnya, kabut asap mengandung partikel-partikel yang dapat membahayakan kesehatan jika terhirup.

Untuk menghindari dampak buruk tersebut, ia meminta seluruh lapisan masyarakat agar menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

“Namun kalau ukurannya sudah di bawah 10 mikron, bahkan lebih ekstrim lagi yang di bawah 2,5 mikron, ini bisa masuk langsung ke pembuluh darah. Nah, kalau dia masuk ke pembuluh darah, itu akan menyebabkan reaksi radang dan sebagainya. Ini akan menimbulkan risiko, terutama pada penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Karena itu, kita memberi himbauan kepada selama kabut asap ini, untuk menghindari partikel yang terhirup masuk ke dalam paru-paru maupun pembuluh darah, kita anjurkan memakai masker,” ujar dr. Taufiqurrahman Hamdie.

Dokter Taufiq menambahkan bahwa selain menggunakan masker, masyarakat juga diminta untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat, menjaga kondisi tubuh, mengkonsumsi air putih, dan mengkonsumsi antioksidan sehingga tubuh dapat terhindar dari penyakit akibat kabut asap.

Baca Juga  3 Pemancing Tewas Tenggelam di Kolam Buatan di Tabalong

Diketahui, hingga bulan September 2023, Dinkes Tabalong mencatat sebanyak 389 masyarakat terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), serta sebanyak 30 balita terserang pneumonia.

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais

Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment