Home Editor's Picks Wisata Religi Makam Syekh Nafis dan Masjid Pusaka Banua Lawas

Wisata Religi Makam Syekh Nafis dan Masjid Pusaka Banua Lawas

by tabalong hari ini
0 comment

Tidak hanya wisata alam dan buatan, di wilayah selatan Tabalong juga terdapat sejumlah destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi, yaitu wisata religi Makam Syekh Nafis dan wisata religi Masjid Pusaka Banua Lawas.

Wisata Religi Makam Syekh Muhammad Nafis terletak di Desa Binturu, Kecamatan Kelua. Untuk mendatangi lokasi ini, para pengunjung memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Kota Tanjung. Akses jalan menuju lokasi ini pun terbilang nyaman, lantaran dapat dilalui mobil maupun bus.

Dalam lokasi wisata religi ini terdapat makam salah satu ulama besar, Syekh Muhammad Nafis Al-Banjari. Syekh Muhammad Nafis sendiri dikenal sebagai seorang tokoh sufi, ulama Banjar yang ahli dalam bidang fikih serta tasawuf. Beliau juga merupakan pengarang kitab Ad Durrun Nafis atau Permata yang Suci, yang berisikan ajaran-ajaran tasawuf.

Sejumlah fasilitas bagi pengunjung pun tersedia di sini, seperti bangunan utama kubah atau makam, musala tempat pembacaan doa, toilet, parkir hingga warung yang menjual berbagai makanan.

Selain makam Syekh Muhammad Nafis, di wilayah selatan Tabalong juga terdapat wisata religi lainnya yang dapat dikunjungi, salah satunya Masjid Pusaka Banua Lawas.

Masjid yang berlokasi di Desa Banua Lawas, Kecamatan Banua Lawas ini merupakan salah satu masjid tertua yang ada di Kalimantan Selatan. Masjid yang dibangun tahun 1625 Masehi ini menjadi bukti sejarah diterimanya Islam bagi suku Dayak Maanya di Kabupaten Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Tabalong Serahkan LKPD Unaudited T.A 2022 Ke BPK RI

Di Masjid Pusaka, para pengunjung dapat melihat sejumlah ornamen bangunan masjid, seperti 4 buah tiang guru yang terbuat dari ulin, mimbar, pataka, dan sejumlah benda lainnya. Di bagian tengah atas masjid terdapat ruangan bilal. Di pelataran masjid juga terdapat dua buah tajau peninggalan Dayak.

Selain itu, disamping Masjid Pusaka juga terdapat makam tokoh setempat, yaitu Penghulu Rasyid. Penghulu Rasyid merupakan seorang ulama sekaligus pejuang yang berperan besar dalam penyebaran agama Islam di wilayah setempat. Kini masjid ini pun telah ditetapkan pemerintah sebagai cagar budaya.

(TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment