Home Tabalong Hari Ini Ustadz Zainuddin Ingatkan Warga Banua Lawas Untuk Berkasih Sayang

Ustadz Zainuddin Ingatkan Warga Banua Lawas Untuk Berkasih Sayang

by Muhammad Rais
0 comment

Ustadz Zainuddin mengingatkan masyarakat Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas, untuk terus berkasih sayang dengan sesama. Pasalnya, kasih sayang memiliki peran penting terhadap ibadah seseorang.

Hal tersebut disampaikan Ustadz Zainuddin dalam ceramahnya saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tradisi makan batalam di Langgar Jami’ul Kiram, Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas, pada Kamis, 28 September 2023.

Ustadz Zainuddin menyatakan bahwa dalam menjalani hidup, rasa kasih sayang memiliki peranan penting dalam diterima atau tidaknya ibadah seseorang.

Menurutnya, setiap makhluk harus dapat mengontrol segala emosinya untuk seluruh makhluk ciptaan Allah SWT, sehingga terjalin hubungan yang baik antara sesama manusia, hewan, lingkungan, dan lain sebagainya. Hal ini sesuai dengan ajaran Nabi Besar Muhammad SAW.

“Sehebat-hebat ibadah kita, tapi kalau kita tidak penyayang terhadap makhluk Allah, jangan harap kita dapat kasih sayang dari Allah SWT. Sedangkan kita masuk dalam surga nanti adalah dengan rahmat Allah SWT dengan kasih sayang dari Allah SWT. Rumah kita dibuka jendelanya, lalu ayam masuk ke rumah, lalu pintu ditutup, lalongkang ditutup, tangkap ayamnya, pupuh patah dua, batisnya. Naudzubillah, jangan begitu, itu sifat yang dilaknat oleh Allah SWT. Nabi kita tidak pernah menyuruh berkelakuan seperti itu. Nabi kita menyuruh bersifat kasih sayang,” kata Ustadz Zainuddin.

Selain berbicara tentang kasih sayang, Ustadz Zainuddin juga menyampaikan pesan tentang keutamaan salat berjamaah yang selalu dilakukan oleh Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. Dengan tegas, ia mengatakan bahwa salat berjamaah merupakan penggugur dosa yang mujarab.

Baca Juga  Napak Tilas: Momen Aktualisasi Semangat Perjuangan

Untuk itu, ia berharap seluruh jamaah yang hadir dalam perayaan Maulid ini dapat terus mengamalkan salat berjamaah.

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment