Home Tabalong Hari Ini Momen Maulid Nabi, Grup Habsyi Kebanjiran Undangan

Momen Maulid Nabi, Grup Habsyi Kebanjiran Undangan

by Muhammad Rais
0 comment

Dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1445 Hijriyah, Grup Habsyi at-Tawabin ramai diundang. Bahkan hampir setiap hari perayaan Maulid di Tabalong turut diisi dengan penampilan Habsyi.

Bulan Rabiul Awal menjadi momen penting bagi umat Islam di seluruh belahan dunia karena dalam bulan ini, Baginda Nabi Besar Muhammad SAW dilahirkan. Bulan ini juga menjadi waktu di mana seluruh masyarakat memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Peringatan Maulid Nabi biasanya digelar oleh masyarakat di berbagai wilayah, termasuk di Tabalong, selama satu bulan penuh. Selama momen ini, sejumlah grup Habsyi yang biasanya membawakan syair Maulid dan salawat Nabi banyak diundang oleh masyarakat.

Salah satu dari grup Habsyi, yaitu Habsyi at-Tawabin Pembaatan, ketuanya, Irhamni, mengaku bahwa hampir setiap hari grup mereka menerima undangan untuk mengisi kegiatan Maulid Nabi. Dalam setiap kegiatan Maulid, grup ini akan membawa 15 hingga 20 orang anggotanya yang memiliki peran masing-masing, mulai dari pembaca syair hingga penabuh gendang atau rebana.

“Kalau hari biasa kami ada rutinan di langgar Habsyi, itu tiap malam Sabtu. Paling kalau ada hajatan orang, misalnya tasmiyahan atau selamatan yang Habsyian, bisa diundang,” kata Irhamni, ketua Grup Habsyi at-Tawabin.

Irhamni menambahkan bahwa untuk mengisi undangan kegiatan Maulid Nabi, pihaknya tidak menetapkan tarif dan hanya menerima pembayaran dengan sukarela.

Baca Juga  Raperda RTRW Tabalong 2023-2042 Perkuat Posisi Tabalong sebagai Penyangga IKN

(Dano Nafarin, TV Tabalong)

Redaktur: Rais
Uploader: Rulyandi

Related Articles

Leave a Comment