Home Tabalong Hari Ini DPMPTSP Lakukan Percepatan Dukungan Layanan NIB kepada Pelaku UMKM

DPMPTSP Lakukan Percepatan Dukungan Layanan NIB kepada Pelaku UMKM

by Muhammad Rais
0 comment

Upaya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Tabalong dalam mendukung pelaku UMKM dalam mendapatkan legalitas atau NIB diwujudkan dalam berbagai inovasi layanan. Bahkan DPMPTSP berencana melaksanakan layanan jemput bola untuk memudahkan pelaku UMKM mendapatkan NIB.

Inovasi layanan yang dilakukan DPMPTSP Tabalong berhasil mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan legalitas usaha dengan Nomor Induk Berusaha. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya pelayanan pengurusan NIB di Kabupaten Tabalong.

Hal ini dijelaskan Kepala DPMPTSP Tabalong, Suryanadie. Di tahun 2023, pengguna layanan Nomor Induk Berusaha baik melalui Jempol Ibu, layanan Palit Online, maupun layanan langsung di DPMPTSP MPP Tabalong telah mencapai angka 6.316 layanan. Sedangkan di tahun 2024 dari Januari hingga saat ini, layanan NIB yang diberikan sudah mencapai 705 layanan.

Suryanadie mengatakan layanan NIB yang dimanfaatkan masyarakat saat ini masih tergolong rendah. Pihaknya berencana melakukan berbagai percepatan untuk mendukung UMKM melalui layanan jemput bola.

“Kami ingin adanya percepatan untuk kepemilikan NIB bagi para UMKM, karena dari data yang ada, jumlah UMKM kita kan banyak hampir 18 ribu lebih, sedangkan data yang ada di kota tidak mencapai 30 persen,” ujar Suryanadie, Kepala DPMPTSP Tabalong.

Suryanadie berharap kemudahan dalam mengakses NIB ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat Tabalong. Ia pun mengapresiasi dukungan yang diberikan dari kecamatan, lurah, hingga pemerintahan desa untuk mendukung UMKM di Tabalong.

Baca Juga  Gandeng Pihak Ketiga, Arsip Ex Dinas Kehutanan dan Perkebunan Ditata

(Gazali Rahman, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment