Home DPRD Komisi III DPRD Dorong Dinas PUPR Benahi Irigasi dan Pintu Air di Desa Hapalah

Komisi III DPRD Dorong Dinas PUPR Benahi Irigasi dan Pintu Air di Desa Hapalah

by tabalong hari ini
0 comment

Komisi III DPRD Tabalong mendorong Dinas PUPR Tabalong membenahi infrastruktur pendukung pertanian tadah hujan di Desa Hapalah, Kecamatan Banua Lawas. Ini dilakukan agar pemanfaatan lahan pertanian di desa ini dapat semakin maksimal.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong, Noor Farida, saat tinjauan lapangan bersama jajaran Komisi III, Dinas PUPR Tabalong, dan Kepala Desa Hapalah pada Selasa, 23 Mei 2023 tadi.

Menurutnya, guna memaksimalkan lahan pertanian tadah hujan yang ada di Desa Hapalah, perlu adanya kajian teknis dari pihak terkait. Pasalnya, ia menilai lahan pertanian di Desa Hapalah sangat bergantung terhadap kondisi cuaca dan debit air.

Sebagai langkah jangka pendek, ia mendorong Dinas PUPR Tabalong meningkatkan sistem irigasi dan pintu air yang ada di wilayah setempat, sehingga lahan tadah hujan dapat dimanfaatkan maksimal untuk pertanian oleh masyarakat.

“Kami meminta kepada pemerintah daerah untuk memperbaiki irigasi serta pintu air yang ada, 4 pintu air yang ada di Hapalah, untuk pembersihan saluran irigasinya, dan yang diutamakan adalah saluran yang ada pembuangannya ke Sungai Tabalong, agar pertanian nantinya di Desa Hapalah ini bisa dilaksanakan oleh warga masyarakat Kabupaten Tabalong,” ujar Noor Farida, Wakil Ketua Komisi III DPRD Tabalong.

Noor Farida juga mengungkapkan bahwa tinjauan lapangan ini dilakukan sebagai tindak lanjut hasil konsultasi Komisi III DPRD Tabalong ke Direktorat Irigasi dan Rawa Kementerian PUPR Republik Indonesia. Belum lama tadi, terkait pemanfaatan dan pengelolaan rawa lebak di Tabalong.

Baca Juga  Pemkab Bantu Korban Kebakaran di Desa Marindi

Dalam tinjauan lapangan ini, Noor Farida turut didampingi oleh sejumlah anggota Komisi III DPRD Tabalong, seperti Muchlis, Ferry Elpeni, Akhmad Helmi, dan Norzakiah.

(Dano Nafarin/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment