Home Tabalong Hari Ini Bupati Anang Harap Kepala Desa Berbagi Peran Dalam Pembangunan

Bupati Anang Harap Kepala Desa Berbagi Peran Dalam Pembangunan

by Muhammad Rais
0 comment

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani menekankan agar Musrenbang RKPD menghasilkan usulan pembangunan dengan skala prioritas tinggi. Pasalnya, dengan terbatasnya keuangan daerah, tidak semua usulan dapat terakomodir.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tabalong Anang Syakhfiani dalam arahannya saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tabalong tahun 2025 di Kecamatan Muara Uya pada Selasa, 6 Februari 2024.

Bupati Anang menekankan agar pihak kecamatan dan desa dapat menyusun perencanaan pembangunan dengan sebaik mungkin sehingga mampu menghasilkan usulan dengan skala prioritas tinggi. Menurutnya, kondisi keuangan daerah yang masih terbatas tidak seimbang dengan tingginya kebutuhan pembangunan di masyarakat saat ini.

Untuk itu, Bupati Anang meminta agar pemerintah desa dapat berbagi peran dalam hal pembangunan, mengingat Musrenbang merupakan salah satu tahap dalam penyusunan RKPDes.

“Musrenbang ini kita laksanakan untuk menyusun skala prioritas, hanya yang skala prioritas tinggi yang akan kita laksanakan, jadi wajar saja kalau ada klaim dari masyarakat, dari kepala desa, dari tokoh, kami sudah mengusulkan tapi kada turun turun jua, itu sebabnya sebelum dilaksanakan musrenbang kecamatan, dilaksanakanlah musrenbang tingkat desa, musrenbangdes itu output nya dua, pertama usulan ke musrenbang kecamatan dan yang kedua bahan untuk penyusunan RKPDes.” ujar Anang Syakhfiani, Bupati Tabalong.

Bupati Anang juga mengapresiasi para kepala desa yang sudah mengambil alih sejumlah program pembangunan yang sebelumnya menjadi beban pemerintah daerah. Upaya tersebut, menurutnya, menjadi bentuk sinergi yang baik antara pemerintah desa dan pemerintah daerah.

Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Bupati Harap Generasi Muda Tabalong Lebih Paham Politik

Anang berharap keberhasilan pembangunan di desa bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

(Muhammad Ariadi/TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment