Home Tabalong Hari Ini PLN Kalsel Sampaikan Kelanjutan Distribusi Listrik di Desa Hegarmanah & Dambung Raya

PLN Kalsel Sampaikan Kelanjutan Distribusi Listrik di Desa Hegarmanah & Dambung Raya

by Muhammad Rais
0 comment

Lead: PLN Unit Induk Distribusi (UID) Kalsel Tengah menyambangi Kabupaten Tabalong pada 30 April 2024. Lawatan tersebut guna membahas kelanjutan progres distribusi listrik di desa terpencil.

Kunjungan PT PLN (Persero) UID Kalsel Tengah ke Tabalong diterima oleh Penjabat Bupati di ruang kerjanya pada 30 April 2024. Pihak PT PLN (Persero) menyampaikan bahwa dari 6 desa yang dicantumkan, sudah terealisasi 100 persen sebanyak 4 desa.

Saat ini, pihak PLN mulai menjajaki 2 desa yang belum dapat terealisasi, yaitu Desa Hegarmanah dan Desa Dambung Raya Kecamatan Bintang Ara. Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Selatan, Winardi, menyampaikan bahwa pertemuan dengan Pemkab Tabalong ini merupakan langkah koordinasi untuk melanjutkan progres tersebut.

Winardi menambahkan bahwa kendala saat ini terdapat pada kebijakan di Kementerian Lingkungan Hidup terkait izin kawasan. Untuk sisi anggaran dan material sudah disiapkan oleh pihak PLN.

“Karena itu, kendalanya bukan di pemerintah daerah dan di kita, karena itu kebijakan pada Kementerian Lingkungan Hidup bisa untuk izin kawasan itu dikeluarkan dalam satu dua minggu ke depan, itu bisa langsung dikerjakan. Karena dari sisi PLN, anggaran sudah siap, material sudah tersedia, pelaksana sudah ada, tinggal kerjakan, tinggal menunggu kewenangan pusat,” kata Winardi, Manager Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tabalong, Hamida Munawarah, menyampaikan bahwa pihaknya juga mengupayakan agar 2 desa tersebut dapat segera tertangani, terutama salah satunya dari akses jalan pengangkut material.

Baca Juga  Akreditasi RSUD HBK Ditargetkan Jadi Bintang 5

“Kita pemerintah daerah berupaya untuk bisa secepatnya 2 desa ini tertangani, karena PLN sudah siap. Jadi, kami coba lagi nanti minta dengan pihak PUPR untuk berkoordinasi, karena kami juga mendengar ada dana TMMD dari provinsi, jadi terkait dengan hal itu supaya tidak terjadi overlapping kegiatan jalan, jadi nanti kami minta PUPR untuk berkoordinasi dengan Kodim,” ujar Hamida Munawarah, Penjabat Bupati Tabalong.

Anggaran yang disediakan untuk pendistribusian listrik di 2 desa tersebut, untuk Desa Hegarmanah sebesar 5,9 miliar dengan persentase konstruksi sudah 23 persen, dan untuk Dambung Raya sebesar 5,4 miliar dengan persentase konstruksi saat ini masih 2 persen.

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment