Home Editor's Picks 87 Pantarlih Banua Lawas Dilantik

87 Pantarlih Banua Lawas Dilantik

by tabalong hari ini
0 comment

Puluhan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih di Kecamatan Banua Lawas resmi dilantik pada Minggu 12 Februari 2023 di Gedung Serbaguna Banua Lawas. Pantarlih ini akan bertugas memvalidasi data pemilih di wilayah setempat.

Pelantikan sebanyak 87 Pantarlih , di tandai dengan penandatanganan pakta integritas , dan pengucapan sumpah janji anggota Pantarlih Banua Lawas, yang di pandu oleh Ketua PPS Desa Bangkiling Raya, Darsi, dan disaksikan oleh Komisioner KPU Tabalong, PPK, tiga pilar kecamatan, kepala desa dan sejumlah pihak.

Pantarlih yang dilantik tersebut tersebar di 15 desa yang ada di Banua Lawas, yang terdiri dari perempuan sebanyak 74 orang dan laki-laki sebanyak 13 orang.

Saat dikonfirmasi usai acara pelantikan, Komisioner KPU Tabalong Divisi Sosialisasi Pendidikan pemilih partisipasi masyarakat dan SDM Muhammad Husain berpesan, agar Pantarlih di masing-masing desa dan kelurahan dapat melaksanakan pemutakhiran data pemilih dengan turun langsung kelapangan, sehingga data yang dihasilkan benar-benar valid.

“Pesan kita kan dari Pantarlih ini bisa bekerja dengan baik agar bisa melakukan pencocokan penelitian terhadap dokumen warga di sekitar wilayah kerjanya itu agar bisa dengan baik yaitu dengan menyanding dengan data yang sudah dimiliki oleh Pantarlih sebagai data acuan itu bisa membandingkan dengan yang memiliki KTP Elektronik dan juga kartu keluarga dari warganya sehingga data tersebut didapatkan secara valid baik dan benar,” jelasnya.

Baca Juga  Hasil Pemetaan Daerah Rawan Konflik Politik, Bawaslu: Semua Sama Rata

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Banua Lawas, Agustian yang turut hadir dalam pelantikan tersebut memastikan validasi data yang akan dilakukan Pantarlih di wilayahnya akan berjalan lancar aman dan kondusif. Pihaknya bersama tiga pilar kecamatan banua lawas juga mengaku siap mengawal tahapan yang dijalankan Pantarlih setempat.

“Kalo untuk Kecamatan Banua Lawas kita meyakini, karena di kecamatan ini istilahnya arus urbanisasinya rendah dan di sini juga warga lokal maka kami meyakini kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar” katanya.

Selain pelantikan, dalam kegiatan ini juga digelar penyematan atribut Pantarlih sebagai tanda dimulainya tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih atau Coklit yang digelar sejak 12 Februari sampai dengan 14 Maret 2023.

Sekedar diketahui, pelantikan pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih se-Kabupaten Tabalong digelar serentak KPU Tabalong, pada 12 Februari 2023. Pelantikan terbagi di beberapa titik baik kelurahan, desa, ataupun terpusat di kecamatan masing-masing.

Total sebanyak 903 Pantarlih dari 131 desa dan kelurahan yang ada di Tabalong resmi dilantik dan diambil sumpahnya.

Gazali Rahman, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment