Home Editor's Picks Dinas PUPR Tabalong Sediakan Layanan Sedot WC Gratis

Dinas PUPR Tabalong Sediakan Layanan Sedot WC Gratis

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tabalong kembali hadirkan layanan sedot kakus atau septic tank gratis bagi masyarakat di 3 kecamatan. Layanan ini diberikan untuk meningkatkan sanitasi lingkungan di Tabalong.

Layanan sedot kakus atau septic tank gratis diberikan Dinas PUPR Tabalong melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah Pengelolaan Air Limbah.

Di tahun 2023, UPTD PAL menargetkan sebanyak 1000 rumah yang ada di Kecamatan Murung Pudak, Tanjung, dan Tanta terlayani sedot kakus atau septic tank gratis. Dimana setiap rumah diberikan layanan penyedotan gratis maksimal sebanyak 1 meter kubik.

Untuk dapat menerima layanan tersebut, masyarakat bisa langsung mendaftar ke kantor UPTD Pengelolaan Air Limbah Tabalong di Desa Maburai, Kecamatan Murung Pudak, atau melalui telepon dan WhatsApp ke nomor 0812-5064-3990 dan 0815-2197-4517.

Kepala UPTD PAL Dinas PUPR Tabalong, Hadi Susanto, saat di temui pada Jumat 3 Maret 2023, menjelaskan bahwa layanan masih terbatas untuk 3 kecamatan di wilayah perkotaan saja, karena saat ini fasilitas pengolahan limbah dan personilnya masih terbatas.

“Jadi kendalanya kita, armada hanya memiliki satu buah mobil truk tinja, kemudian personil dan juga unit pengolahan. Jadi UPT kita kemampuannya cuma 5 meter kubik per hari, jadi untuk tiga kecamatan pun kita sudah melebihi sebenarnya, melebihi kapasitas 5 kubik per hari,” ujar Hadi.

Hadi menambahkan bahwa nantinya limbah tinja yang disedot akan diolah di Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja Tabalong untuk dipisahkan antara cairan dan padatan. Cairan limbah akan dibersihkan sebelum dibuang ke alam, sedangkan padatannya akan diolah menjadi pupuk kompos.

Baca Juga  RSUD Haji Badarudin Kasim Maburai Tolak Pasien Luar Tabalong, Ini Sebabnya….

Dano Nafarin, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment