Home Editor's Picks DKPPTPH Ajak Petani Tabalong Daftarkan Hak Paten Varietas Unggulan

DKPPTPH Ajak Petani Tabalong Daftarkan Hak Paten Varietas Unggulan

by tabalong hari ini
0 comment

DKPPTPH Tabalong mengajak para petani yang memiliki varietas tanaman unggulan untuk didaftarkan sertifikat hak paten nya. DKPPTPH pun siap memfasilitasi para petani yang ingin mendaftarkan tanaman nya.

Hal tersebut disampaikan Kabid Sarana Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong, Kurdiansyah saat ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa 14 Februari 2023.

Kurdiansyah mengatakan, pendaftaran tanaman untuk mendapatkan sertifikat hak paten merupakan langkah untuk melindungi kekayaan berbagai varietas tanaman di Kabupaten Tabalong.

Untuk itu ia mengajak petani di Tabalong ,baik petani buah, petani padi maupun petani hortikultura yang ingin mendaftarkan tanaman nya, bisa menghubungi balai penyuluhan pertanian (BPP) yang ada di wilayah nya, dan nantinya akan diteruskan ke Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Tabalong.

“Silahkan petani buah, petani padi, ataupun petani horti lainnya seperti sayuran kita melalui Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan dan Hortikultura akan memfasilitasi silahkan saja bawa varietas nya kita nanti akan menanam dilokasi untuk kita penyusunan karakteristik atau kondisi tanaman itu nanti bagaimana,” katanya.

Kurdiansyah berharap, semakin banyak nya petani yang ingin mendaftarkan varietas tanaman nya, maka diharapkan dapat melindungi berbagai varietas unggulan Kabupaten Tabalong, sehingga varietas tersebut dapat terus dikembangkan , dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

Nova Arianti, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment