Home Editor's Picks Cegah Flu Burung, Peternak Unggas Diminta Jaga Kebersihan & Kualitas Pakan

Cegah Flu Burung, Peternak Unggas Diminta Jaga Kebersihan & Kualitas Pakan

by tabalong hari ini
0 comment

Dinas Perkebunan dan Peternakan Tabalong meminta para peternak ayam dan itik di Tabalong untuk menjaga kebersihan dan kualitas pangan ternak unggas. Ini dilakukan untuk mencegah terjangkitnya virus flu burung yang baru-baru ini kembali ditemukan di sejumlah wilayah di Kalsel.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kesmavet Disbunnak Tabalong, Dokter Hewan Suwandi, pada 2 Maret 2023 saat ditemui di ruang kerjanya di kantor Disbunnak Tabalong, Kelurahan Mabuun.

Suwandi meminta pemilik atau peternak unggas di Tabalong untuk waspada dan melaporkan jika ditemukan tanda klinis yang mengarah pada Avian Influenza yang dapat berupa penurunan produksi atau kematian mendadak pada unggas. Pasalnya, virus H5N1 atau flu burung telah ditemukan di Kalimantan Selatan, yaitu di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk mengantisipasi virus flu burung di Tabalong, sejak Senin lalu Disbunnak Tabalong bekerja sama dengan Balai Veteriner Banjarbaru bergerak cepat untuk melakukan surveilans bersama mendeteksi secara dini virus flu burung.

“Untuk yang memiliki unggas, saran kami adalah yang pertama, perketat biosecurity. Jadi ayam itu harus dilakukan disinfeksi ya, disemprot baik kandangnya maupun ternaknya itu dilakukan penyemprotan. Yang kedua, pemberian pakan yang berkualitas. Ya, kalau pakannya bagus maka imunitas ternaknya bagus,” kata Suwandi.

Suwandi menambahkan, meski Tabalong masih terpantau aman dari virus flu burung atau H5N1, ia tetap mengimbau kepada peternak untuk meningkatkan kebersihan kandang dan kualitas pakan ternak unggas. Apabila ditemukan gejala flu burung seperti kematian masal, ia meminta kepada pemilik atau peternak untuk melaporkan kejadian tersebut ke Disbunnak Tabalong.

Baca Juga  Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam Ras dan Bawang Merah Naik di Pasar Wayau

Sekedar diketahui, saat ini populasi ternak ayam di Tabalong mencapai 7,5 juta ekor dan populasi ternak itik mencapai 100 ribu ekor.

Maria Ulfah, TV Tabalong

Related Articles

Leave a Comment