Home Tabalong Hari Ini Tabalong Akan Miliki Alat Laparoskopi, MKJP MOW Lebih Mudah di Tabalong

Tabalong Akan Miliki Alat Laparoskopi, MKJP MOW Lebih Mudah di Tabalong

by Muhammad Rais
0 comment

Kontrasepsi Jangka Panjang Berupa Tubektomi atau Metode Operasi Wanita, membuat Dinas P3AP2KB Tabalong merencanakan pembelian alat operasi tubektomi tersebut di tahun 2024 ini.

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabalong berencana melakukan pembelian alat laparoskopi. Alat tersebut rencananya akan dibeli melalui dana alokasi khusus dari pemerintah pusat, dengan besaran senilai 1,4 miliar, dan akan direalisasikan bulan Agustus mendatang.

Laparoskopi merupakan alat operasi tubektomi, atau operasi MOW. MOW sendiri merupakan metode kontrasepsi jangka panjang. Alat laparoskopi digunakan untuk melihat rongga perut dan panggul berbentuk tabung dengan kamera kecil di ujungnya.

“InsyaAllah kita tahun ini diberikan melalui dana alokasi khusus untuk membelikan alat operasi itu, alat operasi tubektomi yang kita serahkan ke Rumah Sakit Badaruddin Tanjung. Dan pihak rumah sakit sudah menyatakan kesediaannya untuk mendukung itu dengan membackup dana pendukungnya, artinya operasional ada untuk itu, agak mudah lagi dengan ini. Mahal juga itu alatnya, kalau tidak salah itu di anggaran ditetapkan oleh pusat 1,4 miliar harganya,” kata Rusmadi, Kepala DP3AP2KB Tabalong.

Hingga tahun 2023 lalu, permintaan operasi tubektomi atau MOW tersebut sudah mencapai 267 orang, dan diperkirakan permintaan akan meningkat di tahun ini, sehingga alat laparoskopi diperlukan.

Baca Juga  DPRD Tabalong Sampaikan 330 Usulan Pokir Untuk RKPD 2024

(Muhammad Ariadi, TV Tabalong)

Related Articles

Leave a Comment